May 29, 2016

Diabetes Kini Lebih Didominasi Oleh Anak Muda



Didominasi Anak Muda
Sumber Gambar : sandurezu.wordpress.com

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang berbeda dengan penyakit lainnya. Bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang cukup serius apabila tidak segera ditangani. Dan penyakit ini belum bisa disembuhkan.


Yang lebih ironis adalah penyakit ini mulai menyerang anak muda dan jumlah mereka mendominasi dari mereka yang berumur lebih tua. Setidaknya itulah yang disampaikan oleh dr Mardianto Sp PD-KEMD.

Beliau berkata bahwa diabetes tidak mengenal usia. Segala usia dapat terkena penyakit ini tanpa terkecuali, bahkan seorang balita pun dapat beresiko besar terkena penyakit diabetes ini.

Baca artikel terkait : balita ini menjadi penderita diabetes termuda

Pola makan yang tidak sehat memang dapat membuat organ pancreas rusak dan itulah yang menimbulkan penyakit diabetes mellitus. Jika organ pankreas rusak maka organ tersebut akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi dan melepas insulin yang diperlukan tubuh.

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) wilayah Sumatera Utara (Sumut) ini mengatakan bahwa untuk anak gemuk banyak dijumpai di kota Medan Khususnya. Tentunya di berbagai daerah di Indonesia tidak luput akan hal tersebut.

Beliau berkata, “Jika dari kecil saja sudah gemuk, dan pada saat remaja tidak ada perubahan maka itulah yang dapat beresiko tinggi terkena penyakit diabetes. Diabetes itu penyebab utamanya (95%) adalah kegemukan.”

Untuk gejalanya sendiri, banyak masyarakat yang tidak memahami and menganggap sebagai angin lalu saja. Banyak diantara pasien itu yang datang dengan kondisi yang sudah terkena bahkan sudah mengalami komplikasi yang cukup serius.


Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin SH,MKes, mengatakan rumah sakit yang ia bekerja  melayani 2.817 pasien rawat jalan sepanjang Desember 2015. Dari jumlah yang begitu banyak, pasien diabetes menduduki peringkat pertama yaitu sebanyak 548. Luar biasa bukan.






Oleh karena itu mulai dari sekarang perbaiki pola makan kita jika memang tidak ingin terkena penyakit ini. Jangan sampai kita menyesal karena penyakit tersebut sudah masuk tanpa kita sadari sebelumnya. Dan saya juga berharap bisa menghadirkan bagaimana solusi untuk mencegah penyakit diabetes mellitus ini. Jadi tunggu terus update informasi di blog saya ya. Terima kasih