May 31, 2016

Anto Widy, Memetik Manisnya Jualan Daun Insulin



Rupanya mengupas bahan alami tidak ada habis-habisnya. Luar biasa, apalagi kita mengetahui bahwa Indonesia merupakan surga bagi tumbuhan-tumbuhan herbal. Perlu diketahui ada setidaknya 30.000 jenis tumbuhan yang terdapat di Indonesia dan 7.000 diantaranya memiliki khasiat sebagai pengobatan alami.


Baiklah, kita membahas mengenai daun insulin. Rupanya salah satu orang yang berhasil menikmati manisnya jualan daun insulin adalah Anto Widy, penduduk asli Wonosobo Jawa Tengah. Omset Hasil dari jual beli ini sangatlah luar biasa, bisa menembus puluhan juta perbulan. Sungguh tidak bisa dianggap remeh.


Dilansir dari laman kontan, bahwa mas Anto menanam tanaman ini di lahan seluas 1.000 meter persegi sejak tahun 2012. Berarti sudah 4 tahun beliau bergelut dibudidaya tanaman ini. Dalam penjualannya mas anto menggunakan bantuan internet. Maka tak heran jika para pelanggannya tersebar di seluruh penjuru Indonesia meliputi Jakarta, Bandung, Kalimantan, Nusa Tenggara, bahkan Papua.

Beliau menceritakan bahwa masa panen daun yakon atau daun insulin bisa dalam 2-3 bulan sejak masa tanam. Proses pemetikkan daun bisa berlangsung selama 6-8 kali sebelum musim penghujan. Karena apabila ditanam menjelang musim kemarau, maka masa pemetikkannya hanya 4 kali saja. Sekali panen mas anto bisa mendapatkan 1 ton daun yakon.

Untuk harga jual daun yakon sendiri terbilang cukup mahal. Karena per kgnya mencapai 200.000 rupiah. Itu hanya berupa daun saja, belum diapa-apakan. Kalau sudah menjadi serbuk maka harganya bisa naik 2 kali lipat menjadi 400.000. dalam sebulan mas anto bisa menjual sebanyak 70 kg daun yakon, yang artinya omset penjualannya mencapai 20 juta perbulan dengan keuntungan bersih mencapai 12 juta rupiah. Sungguh keuntungan yang luar biasa banyak.

Rupanya ada rezeki di balik pengobatan penyakit diabetes. Jadi kita tidak boleh menghina Tuhan dengan penyakit yang ada, karena segala sesuatu memiliki hikmah dibaliknya. Dengan adanya hal tersebut maka menjadi jalan ikhtiar bagi penderita diabetes untuk kesembuhan mereka, dan menjadi jalan rezeki bagi mereka yang menanam tanaman pengobatan tersebut. Sungguh luar biasa kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas manusia.