October 31, 2015

Cegah Diabetes dengan Mendiagnosa Lebih Awal



Sampai saat ini penyebab dari penyakit diabetes masih belum diketahui secara pasti. Namun beberapa petunjuk mengarahkan kepada beberapa hal diantaranya gaya hidup, keturunan, dan kelainan genetik. Diabetes atau yang lebih dikenal dengan sebutan kencing manis adalah penyakit ayang disebabkan organ pankreas tidak dapat memproduksi insulin secara cukup. Sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi melebihi batas normalnya.


Namun dibalik itu semua penyakit diabetes ini sebenarnya bisa dicegah atau ditunda. Jadi anda tidak perlu takut terkena penyakit diabetes ini jika tahu bagaimana cara mencegahnya.

Sebelum seseorang didiagnosa menderita penyakit diabetes tipe 2, pastinya dia akan mengalami fase prediabetes. Menurut pakar diabetes, Agung Pranoto mengatakan bahwa fase prediabetes bila dikenali dari awal bisa menyebabkan penyakit tersebut ditunda. “Prediabetes itu terjadi beberapa tahun sebelum gula naik. Kalau diobati maka diabetesnya bisa mundur menjadi 5 tahun kemudian,” kata beliau.

baca juga artikel : Diabetes Tipe 2

Beliau melanjutkan bahwa sebenarnya pada fase prediabetes ini juga dapat membahayakan pembuluh darah di beberapa titik vital di dalam tubuh. Gula darah untuk orang yang terkena prediabetes adalah berkisar 100-125 mg/dl. Sementara untuk orang yang sudah terkena diabetes gula darahnya mencapai lebih dari 126 mg/dl. Untuk orang normal, gula darah tidak lebih dari 100 mg/dl.

Oleh karena itu jika sudah didiagnosis terkena prediabetes segera ambil tindakan untuk berobat. Karena jika ditunda bukan hanya beresiko terkena penyakit diabetes saja, peykait jantungdan stroke juga ikut timbul jika tidak mendapatkan penanganan secara tepat.

Agung menambahkan bahwa jika segera diobati dengan cepat dan tepat maka penyakit tersebut dapat mundur beberapa tahun kedepan. “Tentu diikuti pola hidup yang sehat juga,” sarannya. 

baca juga artikel terkait : Cegah Prediabetes Sebelum Menjadi Diabetes