March 4, 2019

Apakah Diabetes Dapat Diketahui Secara Tidak Sengaja?

Sumber Gambar : pxhere.com

Sampai saat ini penyakit diabetes masih menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Karena penyakit ini jika tidak segera ditangani dengan baik akan menyebabkan berbagai komplikasi penyakit di dalam tubuh. Sehingga pengobatan yang dilakukan membutuhkan waktu yang lebih panjang, dan terapinya pun beragam karena sudah terjangkit komplikasi tersebut.

Ketidak sadaran masyarakat akan kesehatan, membuat mereka enggan untuk rutin memeriksakan kesehatan tubuhnya. Mereka akan segera pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat apabila sudah merasakan gejala yang tidak baik di dalam tubuh mereka. 

Dan kebanyakan dari mereka ketika divonis menderita suatu penyakit, maka mereka pun menyesal. kenapa tidak dari dulu memeriksakan kesehatan, dan rajin merawat tubuh mereka.  setelah terkena penyakit yang cukup parah, barulah mereka mau untuk rutin memeriksakan kondisi tubuh mereka, serta benar-benar menjaga kesehatan tubuh mereka.

Nah, kalau kita berkaca pada kasus tersebut, maka banyak  orang yang awal mulanya dipikir tidak terdapat penyakit didalam tubuhnya. Namun, setelah dicek ( baik itu urine, darah, dll) maka baru ketahuan bahwasanya ia terkena penyakit diabetes.

Maka timbul pertanyaan, Apakah Penyakit Diabetes Melitus Dapat Diketahui Secara Tidak Sengaja?

Jawabannya Ya, tetapi biasanya hanya terjadi pada diabetes tipe 2. Pada penderita diabetes melitus tipe 2, banyak penderita yang tidak sadar bawa mereka sudah terkena penyakit diabetes melitus tipe 2. namun, karena penyakit ini tidak menimbulkan gangguan pada awalnya, sehingga banyak orang yang akhirnya kaget setelah divonis menderita penyakit tersebut.

Berawal dari meremehkan kesehatan tubuhnya.  Dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sering begadang entah itu menyelesaikan pekerjaan ataupun urusan lainnya, kemudian malas untuk berolahraga. Dengan aktivitas yang padat, menyebabkan banyak diantara kita yang lebih memilih istirahat dirumah daripada berolahraga ketika hari libur. Padahal ada gejala-gejala 


Berbeda halnya dengan Diabetes melitus tipe 1. Penyakit ini  mudah teridentifikasi karena penderita pada awalnya merasa ada gangguan kesehatan dan langsung memeriksakannya ke dokter. 


Umumnya, orang yang tidak memiliki gangguan penyakit mengetahui dirinya menderita diabetes pada saat melakukan tes urine untuk penyakit lain atau untuk keperluan asuransi kesehatan. Setelah didiagnosis mengidap diabetes, mereka menyadari bahwa perasaan haus dan lelah berlebih yang selama ini dirasakan merupakan gejala ringan diabetes yang diacuhkan. Selain itu, seringkali mereka yang tengah mengalami gejala ringan, merasa kembali memiliki energy setelah kadar gula kembali normal. 

Maka dari itu, yuk paling tidak jaga kesehatan tubuh kita. Rutinkan olahraga, makan dan minum yang sehat dan bergizi, kemudian mengatur pola hidup dengan pola hidup yang sehat. 

Semoga kita semua terhindar dari penyakit yang berbahaya ya.

No comments:

Post a Comment