April 14, 2016

Susu Tinggi Lemak Dapat Membantu Mencegah Penyakit Diabetes Melitus



manfaat susu tinggi lemak untuk diabetes
Manfaat Susu Tinggi Lemak Untuk Diabetes
Sumber Gambar : www.sehatfresh.com

Sebuah studi yang dilakukan di University of Tulane menemukan bahwa orang yang mengonsumsi susu dengan kadar lemak tinggi memiliki resiko terkena diabetes 46% lebih rendah dibandingkan dengan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.


Studi ini melibatkan sedikitnya 3.333 orang dewasa yang mengonsumsi susu berlemak tinggi dengan cara mengamati sirkulasi darah pada tiap-tiap orang tersebut. Hasilnya seperti apa yang sya tulis sebelumnya.

Dr Dariush Mozaffarian, salah satu penulis dari studi tersebut mengatakan bahwa temuan ini akan merubah kebijakan terkait rekomendasi susu berlemak rendah (low-fat). Beliau melanjutkan, bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa manusia yang mengonsumsi susu rendah lemak memiliki kesehatan lebih baik dibandingkan dengan mereka yg mengonsumsi susu tinggi lemak.

Saat ini banyak orang yang beralih ke susu rendah lemak. Mereka menghindari susu berlemak dengan alasan kalori yang dihasilkan. Padahal penelitian terkahir menunjukkan bahwa ada kecenderungan untuk mengganti lemak dengan gula atau karbohidrat. Padahal cara ini justru malah meningkatkan resiko terkena diabetes.

Studi yang sama pernah dilakukan di negara swedia tepat 3 tahun yang lalu. Dimana pada studi tersebut para peneliti mengamati pria baru baya yang mengonsumsi produk susu dengan kadar lemak tinggi menunjukkan angka resiko yang kecil terhadap kemungkinan ia gemuk, dibandingkan dengan pria yang tidak pernah makan atau jarang makan.