March 5, 2016

Pedoman Pola Makan Sehat Untuk Diabetes



Pola Makan Sehat Untuk Penderita Diabetes
Setiap sendi kehidupan pastinya memiliki aturan yang harus diikuti, agar kehidupan tersebut dapat berjalan sebagai mestinya. Kalau tidak mengikuti aturan adau pedoman yang ada maka akan terjadi akibat yang bisa membahayakan pelakunya. Tentu hal tersebut harus menjadi pertimbangan mereka yang ingin lepas dari aturan.


Begitupun juga bagi penderita diabetes, karena ada aturan yang harus mereka taati agar kadar gula darah mereka selalu dapat kondisi stabil. Untuk itu diperlukannya pedoman, dalam hal ini adalah mengenai pola makan sehat. Karena bagaimanapun juga makan sehat menjadi salah satu hal yang wajib jika ingin mendapatkan tubuh yang tetap sehat hingga nanti.

Makan teratur
Meliputi makanan dengan zat tepung seperti roti, kentang, nasi, psata, dan sereal. Kami menyarankan makanan bertepung tinggi serat dan makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

Kurangi lemak
Terutama lemak jenuh (hewani) dan lemak terhidrogenasi atau asam lemak trans (ditemukan di beberapa margarin, kue, dan biskuit), keduanya terkait dengan penyakit jantung. Kurangi mentega, margarin, keju, krim, dan daging berlemak. Makanan sebaiknya dipanggang, dibakar atau distim daripada digoreng. Hilangkan lemak dari daging dan kulit ayam. Perbanyak ikan yang berminyak, seperti salmon, sarden, dan mackarel yang mengandung omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan. Pilih produk susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak. Jika menggunakan minyak, pilih minyak tak jenuh rantai tunggal, seperti minyak zaitun. Ingat untuk membatasi sumber lemak tersembunyi, seperti pie, kue, dan biskuit.


Buah dan sayuran
Konsumsi setidaknya 5 porsi setiap hari, misalnya 3 sayuran dan 2 buah. Buah dan sayuran akan memberikan vitamin dan serat yang rendah lemak dan kalori. Porsi yang umum adalah 3 sendok makan sayuran, 1 apel, 1 jeruk, 1 buah pir, 2 kiwi, 2 plum, segenggam kecil anggur, 1 pisang kecil.

Kurangi gula dan makanan manis
Sejumlah kecil gula dalam makanan sebagai bagian dari rencana makanan sehat dapat diterima. Pilihlah minuman bebas gula dan rendah gula.

Kurangi garam
Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi hindari menyediakan garam di meja kurangi jumlahnya saat memasak, dan batasi makanan tinggi garam, seperti keju dan samilan asin. Bumbu dan rempah-rempah adalah alternatif penguat rasa yang baik. Penurunan konsumsi garam secara bertagan merupakan cara yang efektif.

Hindari minuman beralkohol
Minuman ini tidak mendatangkan manfaat sama sekali bagi tubuh. Jadi sebaiknya anda hindari. Selain itu juga alkohol dapat meningkatkan resiko gula darah rendah.

Kendalikan berat badan
Jika anda kelebihan berat badan, menurunkannya akan membantu pengendalian diabetes dan mengurangi resiko lainnya seperti penyakti jantung, dan tekanan darah tinggi. Mengurangi berat badan secara bertahap dan menignkatkan aktivitas tubuh dianjurkan. Bahkan sejumlah kecil saja penurunan berat badan akan bermanfaat. Ukuran pinggang merupakan indikator penting untuk resiko kesehatan.

Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan diabetik seperti biskuit “diabetik” dan permen karena di dalamnya tidak ada manfaatnya bagi kesehatan. Makanan tersebut mahal, dapat memengaruhi gula darah, sumber kalori, dan dapat menimbulkan efek pencahar yang tidak menyenangkan.