February 9, 2016

Diabetes Dapat Memicu Timbulnya Gagal Ginjal


Diabetes Dapat Memicu Diabetes
Sumber Gambar : remedikhasiat.blogspot.com

Gagal ginjal merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit kronis yang disebabkan menurunkan fungsi ginjal secara perlahan dan progresif. Ini terjadi akibat dari meningkatnya cairan dan produk sisa dalam darah yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh.


Salah satu pemicu timbulnya penyakit gagal ginjal adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang minum, olahraga, dan kebiasaan menahan pipis. Artis seperti Abdee gitaris band SLANK, kemudian Frank Sinatra, Natalie Cole pernah menderita gagal ginjal. Salah satu pengacara ternama di Indonesia juga tidak luput dari penyakit satu ini yaitu Adnan Buyung Nasution yang baru-baru ini meninggal dunia.

Seseorang yang terkena gagal ginjal kronis sering disebut uremia. Istilah ini menunjukkan kondisi tubuh yang tercemar dengan produk sisa berlebihan. Awalnya penyakit ini tidak memberikan gejala apa pun. Bahkan pada beberapa kasus penderita gagal ginjal tidak akan merasakan apapun di dalam tubuhnya. Padahal fungsi ginjalnya sudah menurun hingga 25%.


Karena mereka kehilangan kemampuan untuk membuang sampah dari dalam tubuh maka akibatnya penderita gagal ginjal sering mengalami muntah, mual, sesak napas, tubuh membengkak, bahkan yang lebih mengerikan adalah kematian secara mendadak.

Nah, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal seperti stenosis arteri renalis, nefropati analgesik, tekanan darah tinggi dan diabetes. Diabetes atau yang disebut diabetes juvenile dimana jenis ini sangat bergantung pada insulin. Hal ini disebabkan organ pankreasnya sudah mengalami penurunan atau bahkan tidak mampu lagi menghasilkan insulin.

Di Amerika Serikat, setiap tahun penderita diabetes terus meningkat hingga mencapai 35%. Dimana sekitar 5-10% adalah mereka yang terkena diabetes tipe 2. Karena jumlah penderita diabetes meningkat maka hal ini berbanding lurus dengan jumlah penderita gagal ginjal yang juga meningkat.