January 14, 2016

Kenapa Diabetes Dapat Mempengaruhi Penglihatan?



Diabetes Dapat Mempengaruhi Penglihatan
Sumber Gambar : nanpunya.wordpress.com
Siapa yang tidak menginginkan penglihatan yang baik. Semua orang tentunya ingin mendapatkannya. Namun apa daya, banyak diantara mereka yang mengalami gangguan mata. Ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan mata tersebut salah satunya adalah karena penyakit diabetes.


Penyakit ini termasuk unik, karena jika sudah menyerang dia akan menyerang ke bagian lain. Sebagai contoh kasus adalah orang yang terkena diabetes dapat terganggu penglihatannya. Hal ini disebabkan oleh diabetes. Berikut pertanyaan seputar hal tersebut.

Pandangan mata saya tidak jelas dan saya terkena diabetes. Kenapa penyakit ini dapat mempengaruhi penglihatan saya?

Umumnya, penglihatan rabun dapat diatasi dengan menggunakan kacamata atau softlens. Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat diterapkan pada rabun yang disebabkan oleh diabetes. Diabetes dapat mengakibatkan lensa mata membengkak dan penglihatan menjadi rabun. Lensa mata tersebut akan kembali normal apabila diabetes telah dapat dikendalikan. Jika memang anda terkena diabetes, maka anda perlu menunggu berminggu-minggu sampai gula darah anda turun. Kemudian anda baru dapat pergi ke optik untuk membeli kacamata.

Masalah serius yang sering terjadi pada mata adalah rusaknya retina yang disebut retinopaty. Retina dapat rusak selama bertahun-tahun karena diabetes yang tidak disadari. Dalam kasus yang sangat jarang dijumpai, lensa mata dapat rusak secara permanen atau disebut katarak. Hal tersebut dikarenakan diabetes yang tidak terkontrol. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan melakukan operasi katarak pada mata. Untuk itu anda perlu berhati-hati dan menjaga benar mata anda.