October 1, 2015

Waspada! Antibiotik Dapat Meningkatkan Resiko Diabetes Hingga 53%



antibiotik meningkatkan diabetes
Tak ayal lagi penggunaan antibiotik sangatlah diperlukan, apalagi jika tubuh terserang penyakit. Tentunya membutuhkan antibiotik agar tubuh kembali ke keadaan semula (sehat). Baik anak-anak maupun orang dewasa sering menggunakan antibiotik untuk keperluan penyakit mereka.


Namun, menurut studi terbaru yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa antibiotic dapat menyebabkan seseorang beresiko tinggi terkena penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan antibiotik tersebut tidak hanya membunuh bakteri jahat dalam tubuh, melainkan bakteri baik juga dapat ikut terbunuh gara-gara antibiotik.

Seperti yang dikemukakan di Daily Mail, bahwa bakteri baik yang ada didalam tubuh akan hilang disebabkan antibiotik yang dikonsumsi mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap gula dan mengganggu metabolisme tubuh sehingga tubuh menjadi rawan beresiko terkne diabetes. Seorang pasien yang mendapatkan antibiotik lebih dari 5 kali maka akan beresiko terkena diabetes sebesar 53%. Bayangkan, 50% lebih tinggi. Itu artinya 50:50.

Menurut dr Kristian Mikelsen, bakteri baik yang tidak sengaja dibunuh oleh antibiotik dapat mempengaruhi kinerja tubuh dalam penyerapan gula, serta mengganggu sistem metabolisme. Tak ayal resiko terkena diabetes pun akan semakin tinggi.

Angka ini mendapatkan sorotan dari beberapa ahli, khususnya Prof. Judi Lindsay dan Prof Mark Wilcox yang menggaris bawahi untuk pengurangan resep antibiotik. Agar tidak disalahgunakan dan menyebabkan resiko penyakit berbahaya lainnya.

Wah mengerikan juga ya. Untuk itu perlu kiranya ketika kita mengonsumsi obat, juga disertai cek kadar gula dalam tubuh. Hal ini untuk mengantisipasi agar anda tidak terkena diabetes. Mencegah dari awal lebih baik daripada penyesalan yang tidak berarti.