October 9, 2015

Studi Terbaru! Wanita Muda Penderita Diabetes Rawan Terkena Penyakit Jantung



Makan makanan manis memang enak. Apalagi di saat-saat istirahat dari aktivitas kantor. Sepotong kue ditambah dengan teh hangat pastinya akan menyenangkan menemani istirahat anda. Kumpul bersama keluarga adalah momen yang sangat dinantikan setiap keluarga. Apalagi jika dapat makan dan ngobrol bersama.


Tapi harap berhati-hati dengan makanan manis. Karena sebuah studi mengatakan resiko seorang wanita penderita diabetes 6 kali lebih beresiko terkena penyakit jantung. Studi ini menjelaskan bahwa wanita muda penderita diabetes rentan terkena penyakit jantung. Padahal kita tahu bahwa diabetes adalah penyakit yang sukar untuk dideteksi kecuali dengan pengamatan kadar gula dalam darah.

Bagi anda wanita yang menggemari makanan manis-manis secara berlebihan ada baiknya mulai dari sekarang dikontrol. Karena baru-baru ini telah ditemukan bahwa wanita yang terdiagnosis terkena diabetes 6 kali lebih beresiko terkena penyakit jantung. Hal tersebut disampaikan peneliti medis dari  Institute of Cardiology di Warsaw, Polandia, pada pertemuan European Society of Cardiology baru-baru ini.


Studi ini melibatkan setidaknya 7.386 responden wanita berusia 45 tahun ke bawah dengan diabetes. Dan hasil yang didapat dari studi tersebut mengatakan bahwa wanita muda yang terdiagnosis terkena diabetes beresiko besar terkena penyakit jantung.

Salah seorang peneliti, Hanna Szwed mengatakan bahwa penyakit kardiovaskular memang lebih mempengaruhi orang yang usianya lebih tua. Namun, studi yang dilakukan akhir-akhir ini menemukan bahwa terjadi peningkatan angka kejadian pada mereka yang berusia lebih muda.

Tapi saya kan belum terkena penyakit jantung? Memang, tapi bukankah langkah pencegahan lebih baik daripada penyesalan yang tidak dapat menghapuskan. Oleh karena itu mulai kontrol asupan gula dalam tubuh anda. Kemudian periksa ke dokter apabila menemukan gejala-gejala yang mengarah ke diabetes.


Banyak orang tidak sadar ketika dirinya telah terkena penyakit diabetes. Karena gejala-gejala yang timbul seperti bukan gejala penyakitpada umumnya seperti badan menggigil ataupun panas sehingga seringkali diabaikan. Setelah beberapa waktu terjadi keanehan barulah dicek  dan ternyata positif terkena diabetes. Tidak mau kan berakhir seperti itu?

Yuk ubah pola hidup sehat mulai dari sekarang. Rutin berolahraga, makan makanan yang bergizi, dan istirahat yang cukup dapat menjadi senjata ampuh untuk membentengi diri dari serangan penyakit. Sampai jumpa