September 26, 2015

5 Gejala Lain Penderita Diabetes Tipe 2



Gejala Diabetes
Jika seseorang menderita penyakit diabetes tentu memiliki gejala-gejala yang menunjukkan hal tersebut. namun tidak rupanya dengan penderita diabetes tipe 2. Karena tidak semua penderita  diabetes tipe ini akan mengalami gejala-gejala yang sering dialami oleh penderitadiabetes yang lainnya seperti sering haus, sering buang air kecil, atau mati rasa di tangan atau kaki.


Ada yang tidak disadari banyak orang, bahwa ada gejala-gejala lain yang dimana itu bisa menjadi pertanda dia terkena diabetes. Namun karena minim informasi maka  gejala yang terjadi diabaikan. Padahal jika nantinya sudah positif terkena diabetes pastinya ada rasa penyesalan yang dalam. Untuk itu perlu kiranya kita mengetahui seperti apa gejela-gejala lain yang tersebut?

1.       Ketajaman penglihatan berubah

Penglihatan merupakan salah satu nikmat yang perlu kita syukuri. Karena dengan itu kita bisa melihat indahnya dunia ini. jika tidak dirawat dengan baik maka penglihatan kita pun akan berkurang atau menjadi buram. Nah, selain penglihatan yang buram, penglihatan yang berubah menjadi lebih baik bisa menjadi pertanda bahwa anda terkena diabetes tipe 2. Kenapa? Karena terjadi perubahan kadar air di dalam tubuh termasuk di daerah sekitar mata sehingga penglihatan pun ikut berubah.

2.       Perubahan kulit
Jika kulit anda bertambah hitam karena sering terpapar sinar matahari itu mungkin sudah biasa. Namun jika terjadi warna kehitaman dan bercak di lipatan kulit, terurama dibagian siku, buku-buku jari, dan belakang leher itu bisa menjadi pertanda bahwa kadar gula anda terlalu tinggi. Menurut dokter kulit Sanjiv Saini, kadar Insulin yang tinggi dapat memicu pertumbuhan sel kulit dan melanin sehingga dapat menimbulkan bercak hitam. Kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa kadar gula anda sedang melebihi batas normal.

3.       Mendengkur
Lalu apa lagi yang menjadi gejala penderita diabetes yang banyak orang tidak ketahui? Yaitu mendengkur. Jangan anggap remeh mendengkur anda. Karena hampir separuh penderita diabetes mengalami gangguan napas saat tidur sehingga sangat mudah untuk mendengkur. Coba tanyakan kepada keluarga anda apakah ketika tidur anda mendengkur. Jika ya pastikan kesehatan anda sekarang juga dengan mendatangi dokter terdekat untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

4.       Pendengaran terganggu
Gejala lain yaitu pendengaran terganggu. Par a ahli menyatakan bahwa diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf di telinga bagian dalam sehingga pendengaran seseorang dapat terganggu.

Coba cek, apakah pendengaran anda akhir-akhir ini bermasalah. Apakah anda meminta orang lain untuk mengulangi perkataannya dengan volume tinggi karena suaranya tidak terdengar dengan jelas. Atau apakah anda membesarkan volume televise ketika menontonnya? Waspadalah karena itu bisa jadi pertanda gejala diabetes.

5.       Gatal-gatal
Gejala yang terakhir adalah gatal-gatal. Bagi penderita diabetes akan terasa gatal di bagian tangan, kaki, dan telapak kaki. Hal ini disebabkan sirkulasi darah yang terganggu akibat diabetes ini. berbeda halnya gatal-gatal karena digigit serangga, ataupun gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi. Jika anda merasakan gatal-gatal di bagian yang dijelaskan tersebut. ada baiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter terkait masalah anda.

Itulah kiranya 5 gejala lain dari penderita diabetes yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. untuk itu cek kembali gejala-gejala yang kami jelaskan. Apakah ada gejala yang anda rasakan sesuai dengan yang kami jelaskan diatas. Kalau iya, coba periksa kembali pola hidup anda. Pastinya ada yang salah dengan pola hidup anda. Lakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terkena penyakit diabetes melitus. Semoga bermanfaat bagi keluarga anda dan orang disekitar anda.