April 16, 2016

Ibu Hamil Beresiko Besar Terkena Diabetes Gestasional Jika Makan Kentang Selama Masa Kehamilannya


Resiko konsumsi kentang terkait diabetes gestasional
Resiko Konsumsi Kentang Terkait Diabetes Gestasional
Sumber Gambar : atikofianti.wordpress.com

Para peneliti mengungkapkan bahwa wanita hamil bisa terkena diabetes jika sering makan kentang. Gejala tersebut akan mengarah kepada diabetes gestasional. Yaitu diabetes yang dialami oleh ibu hamil.


Sebelum kita menginjak materi ini maka apa sih diabetes gestasional itu?

Diabetes gestasional adalah salah satu sub-tipe diabetes mellitus. Dimana diabetes ini hanya menyasar wanita hamil. Hal ini diawali dengan Wanita yang tidak pernah didiagnosis diabetes sebelumnya menunjukkan kadar glukosa yang tinggi di dalam darahnya. Namun, hal tersebut bisa hilang setelah melahirkan.

Biasanya pada waktu kandungan berumur 6 bulan, maka tingkat glukosa akan mengalami kenaikan. Bahkan melebihi batas normal. Sebagian orang menganggap hal ini wajar dan tidak berakibat buruk bagi wanita hamil. Padahal jika tidak ditangani dengan serius maka ibu dapat beresiok terkena diabetes tipe 2 pasca melahirkan.

Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel Diabetes Gestasional

Lanjut ke pembahasan kita mengenai konsumsi kentang secara terus menerus oleh wanita hamil.

Para peneliti melanjutkan bahwa wanita hamil sebaiknya mengganti menu kentang dengan sayuran lain seperti kacang, buncis, dan biji-bijian.

Mereka menganalisa dari total jumlah konsumsi kentang yang dimakan oleh ibu hamil. Baik itu direbus, digoreng, maupun dipanggang. Penelitian ini melibatkan setidaknya 15.000 wanita yang kemudian hamil pada periode 10 tahun.

Dari hasil analisis tersebut didapat bahwa mengonsumsi satu kentang perminggu dapat meningkatkan resiko diabetes hingga 20%. Itu hanya satu buah kentang, bagaimana jika lebih? Peneliti memaparkan bahwa jika wanita hamil mengonsumsi 5 buah kentang perminggu akan menambah besar resiko diabetes hingga 50%.

Walaupun kentang mengandung potassium, serat, vitamin C, dan beberapa fitokimia yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan tidak ada pada sayuran lainnya namun efek kerugian yang didapat akan lebih besar pengaruhnya,” kata peneliti seperti dilansir dari Times of India.

Resiko tersebut bisa diturunkan apabila pada sajian kentang disertai sayuran lainnya seperti buncis, kacang serta biji-bijian. Resiko tersebut dapat turun 9 hingga 12%.

Para peneliti juga mengatakan bahwa konsumsi kentang sebelum kehamilan bisa beresiko terkena diabetes. Hal ini dihubungkan dengan resistensi insulin dan peningkatan resiko diabetes.

Emily Burns, peneliti lain menyatakan bahwa hasil penelitian ini tidak membuktikan bahwa makan kentang akan langsung terkena diabetes. Tapi lebih menekankan kepada hubungan diantara keduanya. Peneliti lain mengakui bahwa perlu penelitian lebih lanjut terkait hal ini dengan uji coba yang terkontrol. Namun satu yang pasti, bahwa diabetes gestasional bisa diturunkan dari seorang wanita hamil dengan mengatur berat badannya dan membantunya agar tetap aktif.