December 31, 2015

Apa penyebab berat badan yang menurun dratis sebelum terdiagnosis terkena diabetes?



berat badan menurun drastis
Bagi orang lain berat badan bisa menjadi sebuah momok apabila melebihi batas normal. Banyak orang yang berlomba menggunakan beragam panduan mulai dari senam, menu diet, hingga mengatur pola hidup guna mendapatkan berat badan yang ideal.


Nah berbeda dengan hal tersebut. Ada kejadian dimana berat badan tubuh berkurang secara drastis. Bagi orang yang tidak menyadarinya mungkin ini sangat menggembirakan. Tapi jika kita tahu yang sebenarnya maka tentu kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada diri kita.

Ketahuilah bahwa salah satu gejala seseorang mengidap diabetes adalah menurunnya berat badan secara drastis. Padahal tidak melakukan olahraga, makan makanan yang mengandung karbohidrat berlebih, dan sebagainya. Berikut pertanyaan yang diajukan salah satu penanya kepada Dr. Charles Fox

Saya mengalami penurunan berat badan sebelum saya terkena diabetes. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sumber energi tubuh berasal dari glukosa yang diperoleh dari makanan. Orang yang terkena diabetes tidak mampu menggunakan dan menyimpan glukosa dalam tubuh. Glukosa yang tidak terpakai berada di aliran darah dan dibuang melalui urin. Seseorang yang sudah terkena diabetes parah akan kehilangan glukosa sebanyak 500 gr dalam waktu 24 jam, yakni setara dengan 2000 kalori perhari.

Baca Artikel Terkait: Diabetes dan Merubah Kebiasaan