September 18, 2015

Cegah Prediabetes Sebelum Menjadi Diabetes


Ada kondisi dimana kadar gula anda menjadi tinggi bahkan sampai di atas normal atau berbahaya. Hal tersebut bisa dikatakan bahwa anda menderita prediabetes. Jangan sampai prediabetes anda menjadi diabetes. Oleh sebab itu perlu kiranya anda segera mengubah gaya hidup anda agar tidak terlambat.


Prediabetes memang sangat mudah dapat berubah menjadi diabetes, bahkan dapat menjadi resiko tinggi pennyakit jantung atau stroke. Tapi anda tidak perlu berkecil hati karena prediabetes merupakan pertanda bahwa anda diberi kesempatan untuk memperbaiki gaya hidup. Sebelum terlambat, lebih baik lakukan pencegahan.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk merubah gaya hidup agar prediabetes yang anda alami tidak berubah menjadi diabetes. Berikut cara-caranya : 

-          Turunkan berat badan anda

penurunan berat badan beberapa kilogram saja dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Berat badan anda berkurang sekitar 7% saja dari total berat badan anda, maka anda mengurangi resiko diabetes sekitar 58%.

-          Lebih banyak bergerak

Mulai dari sekarang ubah gaya hidup anda yang tadinya malas bergerak menjadi lebih banyak gerak. Anda bisa melakukan gerak yang paling sederhana yaitu jalan kaki selama 20 menit. Hal ini dapat menghindarkan diri anda dari penyakit diabetes. Ketika anda melakukan hal tersebut maka anda mencegah kenaikan gula darah setelah makan.

Memang susah untuk mengawali, tapi percayalah jika pada awalnya anda paksakan dan terus diupayakan untuk seperti itu maka insha Allah kesehatan anda pun akan terjaga. Yg terpenting anda tidak jadi terkena penyakit diabetes

-          Ubah pola makan

Kurangi makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi seperti nasi, roti, tepung, mie, dll. Jika anda masih kurang kenyang, anda dapat memperbanyak asupan buah-buahan dan sayuran. Itu lebih sehat daripada menumpuk karbohidrat di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan kayu manis serbuk ke dalam makanan dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Silahkan mencobanya.

-          Pemberian obat-obatan

Jika perubahan gaya hidup yang tidak menentu susah untuk dikontrol maka anda dapat mengunakan obat-obatan sebagai bantuan menghindari kemungkinan terkena penyakit diabetes. Obat metformin direkomendasikan karena dapat menurunkan produksi glukosa dalam liver dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Itulah hal-hal yang dapat anda lakukan sebaai bentuk pencegahan sebelum anda benar-bena terkena diabetes. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Mungkin anda akan memerlukan tenaga dan pikiran ekstra untuk merubah apa-apa yang biasa anda lakukan yang rupanya dapat membawa kepada diabetes. Tapi itu tidaklah mengapa karena bayarannya sebanding dengan kesehatan tubuh anda. Tidak ada yang lebih berharga daripada kesehatan anda. Semoga bermanfaat.