January 20, 2016

Sejauh Mana Kemajuan Riset Untuk Pengobatan Diabetes?


Kemajuan Riset Pengobatan Diabetes
Kemajuan Riset Pengobatan Diabetes
Sumber Gambar : blogs.voanews.com

Sampai saat ini penyakit diabetes mellitus belum diketahui penyebab secara pastinya. Namun kebanyakan menyangkut pautkan penyakit diabetes dengan gaya hidup sehingga disebut penyakit akibat gaya hidup.

Biasanya untuk diabetes tipe 1 sering dialami oleh anak-anak. Para ilmuwan banyak beranggapan bahwa jenis diabetes ini terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel yang sehat. Dimana sel-sel tersebut dianggap sebagai benda asing yang dapat membahayakan tubuh.



Pada diabetes tipe ini, sistem kekebalan menyerang sel yang ada di organ pankreas sehingga merusak kemampuannya dalam menghasilkan insulin. Para ilmuwan mengatakan bahwa penyebab penyakit tersebut adalah karena faktor lingkungan, dimana virus yang menjadi pemicunya. Ada lagi yang ikut berperan dengan adanya jenis diabetes ini yaitu gen. dimana gen ini ikut berperan karena terbukti sebagian orang lebih rentan menderita diabetes.

Untuk diabetes tipe 2, para ahli kesehatan juga tidak mengetahui secara pasti penyebab dari penyakit ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan kencing manis. Diabetes tipe ini biasanya diderita oleh orang dewasa. Namun, seiring berjalannya waktu para penderita dari diabetes jenis ini bergeser ke usia yang lebih muda. Sementara ini, para ahli kesehatan mengaitkannya dengan obesitas dan faktor keturunan.


Namun, anda tidak perlu khawatir karena untuk diabetes jenis ini bisa dicegah. Berbeda dengan diabetes tipe 1 yang tidak bisa dicegah, hanya bisa diobati. Untuk anda yang sudah terlanjur terkena diabetes tipe 2, anda masih tetap bisa beraktivitas dengan normal jika memperhatikan kondisi kadar gula darah anda. Semua itu bisa dikontrol melalui makanan dan aktivitas yang anda lakukan.

Apakah ada obatnya?
Tentunya semua penyakit ada obatnya. Karena tidak mungkin Allah yang Maha Pengasih tidak memberikan penawar untuk setiap penyakit. Namun, untuk saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar dapat menyembuhkan penyakit ini. Saat ini penyakit tersebut hanya bisa dihindari dengan mengatur pola hidup yang sehat, cukup istirahat dan rajin olahraga.

Namun ada beberapa obat herbal yang mengklaim bisa menghilangkan penyakit ini. saya pernah mencari informasi berkaita dengan hal tersebut. Dan memang banyak sekali produk yang menjanjikan sembuh dari diabetes. Terlepas dari banyaknya testimoni yang diberikan. Saya sangat bersyukur sekali melihat informasi tersebut. Namun, saya hanya ingin mengatakan bahwa kesembuhan hanyalah milik Allah semata, tugas kita sebagai manusia hanyalah berikhtiar saja.

Berkaitan dengan penyakit diabetes tipe 1 dan 2 ini, ada beberapa hasil penemuan yang diharapkan dapat membantu pasien diabetes. Kita berdoa saja agar beberapa waktu yang akan datang dapat menghadirkan obat yang benar-benar membantu para pasien diabetes untuk terbebas dari penyakitnya.

Apa saja temuan tersebut? mari kita simak bersama.

1.       Memanipulasi genetik, yaitu dengan cara mengubah sel yang tadinya tidakbisa menghasilkan insulin menjadi bisa menghasilkan insulin.
2.       Transplantasi sel islet. Sel islet adalah sel terbesar dalam pankreas. Di dalam sel ini terdapat sel-sel beta penghasil insulin. Lalu bagaimana caranya? Yaitu dengan cara mengambil sel dari organ donor yang kemudian di tempatkan di dalam pankreas kita.
3.       Pankreas buatan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini dimungkinkan untuk membuat pankreas buatan. Namun tetap saja kalah dengan yang asli buatan Allah. Ini adalah salah satu upaya untuk membantu. Sistem ini sebagian otomatis menggunakan monitor glukosa yang berkelanjutan dan pompa insulin untuk memberikan dosis insulin berdasarkan indikator yang dihasilkan oleh komputer. Pompa dan monitor dikoordinasikan oleh computer. Di masa mendatang diharapkan dapat mengembangkan sistem otomatis yang sudah berfungi seperti organ pankreas.
4.       Transplantasi pankreas. Transplantasi ini diperoleh dari donor yang dengan sukarela mendonorkan organ pankreasnya.
5.       Memprogram sel punca sedemikian agar dapat menghasilkan insulin
6.       Vaksin untuk mencegah agar sistem kekebalan tubuh tidak merusak sel-sel beta penghasil insulin
7.       Mengubah ulang sistem kekebalan tubuh. Bagaimana caranya? Dengan cara mematikan dan mencangkokkannya dengan sistem kekebalan yang baru.

Walaupun terapi-terapi ini tahap awal dari penelitan dan pengembangan. Ini merupakan landasan untuk membantu para pasien diabetes tipe 1. Lalu bagaimana dengan diabetes tipe 2? Diabetes tipe 2 sangatlah unik karena tubuh menjadi kebal terhadap efek insulin. Para peneliti perlu memahami adanya resistensi insulin sebelum melakukan pendekatan ini. obat-obatan yang biasanya diresepkan oleh dokter hanyalah untuk menurunkan kadar gula darah dan menghindarkan dari berbagai komplikasi.