September 13, 2015

Apa Penyebab Penyakit Diabetes?



 penyebab diabetes

Apakah anda tidak ingin terkena penyakit diabetes? Dan mulai dari sekarang merencanakan pola hidup sehat agat terhindar dari penyakit tersebut? sangat tepat sekali jika anda mulai dari sekarang karena kita tidak akan tahu kapan penyakit tersebut akan mendatangi kita.

Ada hubungan erat antara planning yang kita lakukan dengan mengenal penyebab diabetes. Apa hubungannya? Jika kita mengetahui penyebab seseorang dapat terkena penyakit diabetes mellitus, maka dengan acuan penyebab tersebut kita dapat mulai untuk mengantisipasi apa saja kira-kira yang mendekati diri kita dengan penyakit tersebut sehingga kita bisa langsung menghindar.

Lalu apa saja penyebab penyakit diabetes itu? Setidaknya ada 7 faktor yang dapat menyebabkan anda terkena diabetes. Antara lain :


Faktor genetik
Faktor yang pertama datang dari faktor genetik. Tidak peduli seseorang terkena penyakit diabetes yang disebabkan keturunan. Tidak peduli lingkungan dimana ia tinggal. Penyakit ini bisa timbul pada tubuh kita disebabkan rusaknya genetik di dalam tubuh. Dapat dikatakan bahwa penyakit diabetes mellitus ini adalah penyakit genetik.

Kehamilan
Seorang wanita yang hamil dapat terkena penyakit diabetes, walaupun pada awalnya tidak ada tanda-tanda akan menderita diabetes maupun ditelusuri dari jejak keturunannya. Kuantitas kehamilan dapat menyebabkan seseorang terjangkit penyakit ini. namun bukan berarti anda takut untuk hamil lagi.

Jika anda ingin hamil kembali pastikan kadar gula dalam darah anda normal, atau paling tidak sering mengontrol kesehatan tubuh anda ke dokter agar dapat diketahui apakah resiko diabetes dapat menjadi besar ketika hamil nanti.

Faktor obesitas
Sampai saat ini faktor obesitas menduduki peringkat pertama seseorang akhirnya menderita penyakit diabetes ini. Faktor obesitas ini banyak diraih mereka yang memiliki usia produktif karena tidak menjaga pola hidup yang sehat.  Untuk itu perlu kiranya anda selalu mengontrol kesehatan ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh terutama kadar gula dalam darah.


Kelebihan gizi
Kalau ada disebagian wilayah kekurang gizi hingga menyebabkan busung lapar. Ini malah kebalikannya yaitu kelebihan gizi. Ya, kelebihan gizi dapat menyebabkan anda rawan terkena penyakit diabetes. Untuk itu kontrol makanan yang anda asup agar anda terhindar dari penyakit ini. makan itu baik, namun menjadi tidak baik jika anda berlebihan mengkonsumsi sesuatu hingga over.

Faktor keturunan
Jika keluarga anda (ayah,ibu, kakek, nenek) memiliki riwayat penyakit ini maka anda beresiko besar untuk terjangkit. Dalam diabetes tipe 1, faktor keturunan mempunyai nilai 50%. Maksudnya adalah separuh dari penderita diabetes tipe 1 akan mewariskan penyakit ini kepada keturunannya. Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat diabetes tipe 1, maka kemungkinan anda terkena penyakit diabetes tipe 1 adalah 50%.

Berbeda dengan diabetes tipe 2. Karena rasio penularan penyakit ini melalui keturunan mencapai 90%. Jadi jika keluarga anda terkena penyakit diabetes tipe 2, maka 90% anda dapat terkena penyakit tersebut. atau 90% kemungkinannya anda akan mewarisi kepada keturunan anda jika saat ini anda sudah terkena penyakit diabetes. Jika sudah tahu seperti itu maka anda dapat mencegahnya dari sekarang sebelum benar-benar terjangkit penyakit ini.

Infeksi
Penyebab lain seseorang terkena penyakit diabetes adalah infeksi. Diabetes yang terjadi pada anak-anak erat kaitannya dengan infeksi virus. Oleh karena itu benar-benar perhatikan lingkungan tempat anda tinggal, jangan sampai anak kesayangan anda terkena penyakit ini.


Faktor psikis
Penyebab terakhir seseorang dapat terkena penyakit diabetes ini adalah faktor psikis. Kondisi seseoran g yang stress, tegang, dan emosinya tinggi akan menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Jika ini berlanjut dan dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan penyakit diabetes. Untuk itu selalu kontrol emosi diri anda. Memang pekerjaan menumpuk, tapi jangan biarkan diri anda dikontrol oleh emosi anda. Bukan hanya anda yang rugi, keluarga anda akan terkena dampaknya juga.

Itulah penyebab seseorang dapat terkena penyakit diabetes. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan mulai untuk hidup sehat agar terhindar dari segala jenis penyakit, bukan diabetes saja. Sampai jumpa