September 12, 2015

Apakah Tidak Mengapa Anak Perempuan Remaja Tidak Menggunakan Insulin Ketika Menderita Diabetes?

menderita diabetes
Anak perempuan kami yang berusia 16 tahun menderita diabetes tipe 2, tetapi dia belum menggunakan insulin. Apakah ada perbedaan lain antara diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2?




Memang benar bahwa anak anda tidak memerlukan suntikan insulin, tetapi dia mempunyai resiko lebih besar daripada penderita diabetes tipe 1. Dia beresiko terkena penyakit liver, kolesterol, tekanan darah, serta pembengkakan di lingkar pinggang atau yang sering disebut metabilis sindrom.

Para peneliti di Amerika telah mengamati resiko akibat diabetes pada remaja dan anak-anak usia 12-19 tahun. Umumnya, 6,4% anak-anak mempunyai dua atau tiga faktor resiko terkena penyakit, sedangkan remaja memiliki resiko 14%. Adapun remaja penderita diabetes tipe 2 memiliki resiko hingga lebih dari 90% terkena penyakit terebut.

Walaupun keterangan ini sangat mengkhawatirkan anda, namun semua faktor tersebut dapat diidentifikasi dan ditangani. Penting bagi anak anda untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan sehingga dia bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan demikian, anak anda bisa mengurangi resiko terkena penyakit lainnya. Bila anak anda hamil, terdapat beberapa obat penurun kolesterol dan tekanan darah yang tidak boleh dikonsumsi.

Sumber : Buku Bersahabat dengan diabetes tipe 2, penulis Dr. Charles Foxx dan Dr Anne Kilvert