September 12, 2015

Apakah Semua Remaja Yang Terkena Diabetes Harus Disuntik Insulin?

suntik insulin
Keponakan saya berusia 11 tahun dan menderita diabetes. Kesehariannya dia minum tablet sebagai pengobatan diabetes. Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah semua remaja yang terkena diabetes harus diberi suntikan insulin?

Sampai saat ini, semua anak yang terkena diabetes tipe 1 harus diberi perawatan dengan cara pemberian insulin. Beberapa tahun terakhir diabetes tipe 2 mulai menjangkiti anak-anak, terutama di Amerika Serikat. Peningkatan jumlah tersebut disebabkan gaya hidup. Masyarakat lebih banyak mengonsumsi makanan dan kurang berolahraga. Selain Amerika Serikat, beberapa ahli meramalkan bahwa diabetes juga akan melanda Eropa 5-10 tahun mendatang. Atau bahkan prediksi tersebut lebih cepat jika memang ditemukan anak-anak yang terjangkit penyakit ini.

Anak yang terkena diabetes tipe 2 harus mendapatkan perawatan yang sama seperti perawatan pada orang dewasa. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberi penyuluhan kepada anak dan orang tua untuk bisa mengatasi ketakutan dan penanganan dengan tepat.

Dalam beberapa kasus, diabetes diderita oleh beberapa anggota keluarga. Untuk itu sesama penderita perlu bahu membahu dan saling mengingatkan pola makan dan melakukan olahraga yang baik. Dan seperti penderita diabetes tipe 2 lainnya, keponakan anda memerlukan obat tablet dan selanjutnya memerlukan suntikan insulin.

Sumber : Buku Bersahabat dengan diabetes tipe 2, penulis Dr. Charles Foxx dan Dr Anne Kilvert