May 12, 2016

Ingin Tahu Berapa Takaran Gula Untuk Konsumsi Perhari?


Takaran Gula Setiap Hari

Jika berbicara mengenai diabetes, maka erat kaitannya dengan gula. Padahal sebenarnya bukan hanya hal tersebut, ada beberapa penyebab diabetes lainnya seperti genetik, keturunan, obesitas,dll. Namun, orang awam sering menganggap bahwa jika tidak ingin terkena diabetes, harus benar-benar memperhatikan konsumsi gula.


Hal tersebut tidak salah sepenuhnya karena memang gula menjadi salah satu faktor penyebab adanya penyakit diabetes. Di sisi lain kita ketahui bahwa gula merupakan bahan makanan yang sering digunakan seperti halnya garam. Apapun masakannya, pasti akan ada tambahan gula untuk menyedapkan masakan tersebut.


Nah, untuk menjawab pertanyaan terkait takaran yang dianjurkan perharinya, maka kita bisa mengacu pada Permenkes No. 30 Tahun 2013 mengenai Pencantuman Informasi kandungan Gula, Garam, dan Lemak serta Pesan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji. Disana disebutkan bahwa untuk gula maksimal pengguaannya adalah 50 gram. Lebih dari itu bisa beresiko terkena penyakit diabetes. Takaran tersebut setara degnan 5 sendok makan (tidak penuh)

Dari laman Detik Health, WHO merekomendasikan asupan gula degnan menitik beratkan pada asupan energi harian. WHO menyarankan agar konsumsi gula tiadk lebih dari 10% dari asupan energi harian. Lebih baik lagi jika kurang dari 5% dari asupan energi harian. Selain untuk mencegah penyakit diabetes, hal tersebut juga berfungsi untuk mencegah penyakit kanker dan jantung.

Perlu kita ketahui, jika gula terlalu banyak di dalam tubuh kita maka akan menyebabkan kerja pankreas menjadi berat. Dan jika hal tersebut terus terjadi maka pankreas akan mengalami penurunan kinerja. Jika sudah demikian maka seseorang akan sangat rawan terkena penyakit diabetes tipe 2.

Apakah anda menggunakan gula pasir untuk konsumsi perharinya?

Sebenarnya air tebu yang menjadi bahan utama pembuatan  gula cukup sehat dikonsumsi karena mengandung zat antidiabetes. Namun, karena melalui proses pengolahan di pabrik, sehingga senyawa polisakarida musnah akibat adanya proses pemanasan menjadi sukrosa. Dan hal tersebut justru yang memicu terjadinya diabetes

Hasil olahan pabrik berupa gula pasir sangat mudah terserap di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan indeks glikemik seseorang dapat naik dengan cepat. Dengan begitu terjadi peningkatan gula di dalam darah. Oleh karena itu, perlu adanya pencegahan dengan meminimalkan konsumsi gula perharinya agar tubuh dapat selalu sehat dan terhindar dari diabetes.



Jika seseorang sudah terkena diabetes, maka komplikasi penyakit akan datang menghantuinya. Seorang penderita diabetes dapat terserang berbagai penyakit seperti kanker dan jantung. Bahkan, gula merupakan “makanan kesukaan” sel tumor dan kanker. Dan jika ada gula di dalam tubuh, maka mereka akan terus tumbuh dan menyebar di dalam tubuh. Mengerikan bukan,. Dan tentunya anda tidak mau mengalami hal demikian. Semoga kita benar-benar memperhatikan takaran gula perharinya agar terhindar dari penyakit diabetes.