April 13, 2016

Kaki Bengkak Pada Penderita Diabetes


Kaki Bengkak Penderita Diabetes
Kaki Bengkak Penderita Diabetes
Sumber Gambar : www.youtube.com

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mencari informasi mengenai diabetes. Saya ingin mengetahui kejadian-kejadian yang pernah dialami oleh seorang diabetes ( penderita diabetes). Karena memang kejadian apapun bisa terjadi, dan itu bisa dijadikan sebuah pelajaran berharga bagi diabetes lainnya kalau mereka mendapatkan hal yang serupa.


Alhamdulillah, saya menemukan sebuah artikel yang membahas kejadian dari banyak kejadian yang saya yakini memang akan selalu ada. Dan hal ini bisa menjadi sebuah pelajaran berharga, bukan hanya untuk di penderitanya saja melainkan keluarga atau kerabat yang ikut merawat mereka.

Tentu orang disekitar mereka harus tahu bagaimana cara menangani salah satu anggota keluarga mereka yang terkena diabetes. Sehingga ketika mereka menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi tidak sampai menimbulkan rasa frustasi.

Karena jika rasa frustasi itu datang, maka sudah barang tentu akan berpengaruh terhadap perlakuan mereka kepada anggota keluarga yang terkena diabetes. Memang harus sabar dalam menghadapi seorang yang menderita sakit. Karena pastinya Allah Azza Wa Jalla sudah menyiapkan pahal atau balasan terbaik atas perbuatan baik kita.

Baik, kembali ke topik pembahasan kita. Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa ada seorang anak yang kebingungan ketika mendapati kaki ibunya bengkak. Ibunya adalah seorang diabetes dan sudah berusia lanjut (72 tahun). Tentu membutuhkan penanganan yang ekstra hati-hati dan teliti.


Ia bertanya bagaimana cara mengatasinya. Maka, seorang dokter dari Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum di sebuah website bertema kesehatan yaitu klikdokter.com memberikan jawaban atas hal tersebut.

Dr Dyan Mega Inderawati, nama dokter tersebut, menjelaskan bahwa penyebab kaki bengkak pada ibunya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa disebabkan dari diabetesnya atau bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti peradangan. Nah, jika peradangan maka ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, yaitu  asam urat yang tinggi, cedera otot ataupun tulang, infeksi ataupun gangguan fungsi ginjal.

Penanya pun tidak menjelaskan dengan detail apa yang menyebabkan kaki ibunya bengkak. Mungkin bisa diceritakan mulai dari makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Kegiatan yang dilakukan, hingga kecelakaan yang mungkin terjadi. Semua itu butuh diagnosis.

Untuk itu dr Dyan Mega Inderawati menyarankan penanya untuk mendatangi dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui secara pasti penyebab kaki bengkak yang diderita ibunya. Dengan begitu penanganan yang tepat pun dapat diberikan. Karena satu penyelesaian belum tentu dapat digunakan pada penyelesaian yang lain.