March 20, 2016

Seseorang Yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi Beresiko Terkena Diabetes


Tekanan Darah Tinggi Dapat Beresiko Diabetes
Tekanan Darah Tinggi Dapat Memicu Diabetes
Sumber Gambar : dokterkamu.com

Sebuah penelitan terbaru yang telah dilakukan memaparkan bukti ilmiah bahwa mereka yang memiliki tekanan darah tinggi memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit diabetes. Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan catatan kesehatan sebanyak 4 juta warga dewasa yang berada di Inggris. Berdasarkan penelitian tersebut terdapat sebuah jawaban pasti yang sebelumnya masih meragukan adanya hubungan antara kedua kondisi tersebut.


Namun sampai saat ini masih ada pertanyaan yang mengganjal. Apakah diabetes benar-benar disebabkan oleh tekanan darah tinggi?

Professor Anoushka Patel, Seorang ilmuwan kepala di Georger Institute for Global Health mengatakan data terbaru ini memberikan bukti yang jelas bahwa mereka yang menderita tekanan darah tinggi memiliki resiko hingga 60% lebih tinggi untuk mengidap penyakit diabetes melitus.

“Studi ini menggunakan dara dari setiap kunjungan pasien ke dokter (GP) sehingga datanya tidak perlu diragukan lagi. Kemudian ditambah data yang diambil sangatlah besar karena melibatkan jumlah pasien yang cukup banyak,” kata Prof Patel.

“Namun kami tidak bisa mengatakan bahwa penyakit diabetes disebabkan oleh tekanan darah tinggi, studi yang kami lakukan tidak sampai membuat kesimpulan semacam itu. Namun kedua hal tersebut memiliki hubungan yang besar.”


Beliau menambahkan bahwa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa seseorang terkena tekanan darah tinggi terlebih dahulu baru kemudian diabetes. Bukan sebaliknya.

“studi yang dilakukan tidak mengambil mereka yang sudah terkena diabetes sebelumnya. Namun hanya memasukkan data mereka yang belum mengidap diabetes dan masalah jantung.” Tambahnya.

Data yang masuk kami lihat dan ambil korelasinya dalam jangka waktu tertentu dan melihat apakah mereka kemudian mengidap diabetes. Namun menurut prof patel, para peneliti masih harus berupaya untuk melakukan penelitian lagi. Dimana penelitian tersebut berfungsi untuk meliat hubungan tekanan darah tinggi dengan diabetes melitus. Apakah penurunan tekanan darah juga bisa menjadi jalan pencegahan terhadap penyakit diabetes.

“inilah sebenarnya yang ingin kami ketahui.” Katanya.