March 30, 2016

Diabetes Tipe 1- Memahami Pengetahuan Dasar dari Tipe Diabetes Ini


Pengetahuan Dasar Terkait Diabetes Tipe 1
Sumber Gambar : eduhealth.co.id
Memahami pengetahuan diabetes sangatlah penting. Karena jangan sampai kita terlambat dalam mencegah anggota keluarga kita. Jika terlambat maka dapat berakibat pada seluruh elemen yang ada, bukan hanya dari si penderita saja.

Untuk itu saya mencoba memberikan informasi mengenai diabetes tipe 1 yang bersumber dari penulis yang berada di Amerika terkait data statistik penderita diabetes tipe 1 ini. Walaupun data yang dipaparkan nantinya berkutat pada daerah Amerika Serika saja, namun itu setidaknya memberikan kita gambaran akan pentingnya proteksi keluarga kita dari penyakit satu ini.

Baiklah, langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan dibawah ini.

Jenis ini dikenal sebagai diabetes yang sering ada pada anak-anak atau orang dewasa yang berusia cukup muda. Tidak seperti jenis diabetes yang lain (dalam hal insulin), diabetes jenis ini tidak memproduksi insulin di dalam tubuh. Kalau dibates tipe 2 masih memproduksi insulin namun jumlahnya tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Akibatnya dampak dan komplikasi yang dihasilkan akan jauh lebih serius sehingga membutuhkan monitoring dan pengawasan yang ketat.

Beberapa data statistik yang berkaitan dengan diabetes tipe 1 ini

Sebelum kita masuk ke dalam data statistik dibawah ini, maka kita setidaknya bergembira karena beberapa statistic yang ditunjukkan tidaklah sebesar dari diabetes tipe 2. Dan jika anda takut mengenai nasib anak anda yang apakah didalam tubuhnya terdapat diabetes tipe 1. Maka anda dapat melihat informasi di bawah ini untuk membantu anda memahami pengetahun mengenai hal ini.

Satu kata dari saya yaitu hati-hati. Solusi terbaik adalah dengan mencari saran dokter. Karena mereka lebih berkompeten dibidangnya. Selain itu dokter anda akan memandu bagaimana manajemen diabetes jika memang itu diperlukan.

Data ini dikumpulkan dari Lembar Fakta Nasional Diabetes di Amerika pada tahun 2011

Jumlah orang yang terkena diabetes di Amerika mencapai 25,8 juta jiwa meliputi orang dewasa dan anak-anak atau sekitar 8,3% dari populasi yang dianggap memiliki penyakit diabetes. Meskipun diketahui fakta sebesar 5% orang memiliki diabetes tipe 1, namun ada beberapa fakta yang lebih mengkhawatirkan, yaitu :

-          8 juta orang dari jumlah yang terkena telah terdiagnosis positif
-          Sebanyak 79 juta orang masih dalam taraf pra-diabetes

Jika dikategorikan berdasarkan umur penderita, maka akan didapat :
-          Di bawah 20, sebanyak 215.000 atau 0,26% dari toral yang ada memiliki diabetes. Namun 1 dari 400 anak-naak mengalami diabetes tipe 1
-          Usia 20-65 tahun, sejumlah 25,6 juta atau 11,3% telah positif terkena diabetes
-          Usia 65 tahun, sebanyak 10,9 juta atau 26,9% positif terkena diabetes

Jika dikategorikan berdasarkan gender, maka akan didapat :
-          11,8% dari jumlah total pria berusia 20 tahun keatas memiliki diabetes
-          10,8% dari jumlah total wanita berusia 20 tahun keatas memiliki diabetes


Kekhawatiran untuk tipe 1

Seperti diabetes yang lain, diabetes tipe ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup bahaya. Hal yang perlu anda ingat adalah, bukan berarti diabetes tipe ini tidak menimbulkan komplikasi seperti diabetes tipe 2. Manajemen yang tepat adalah kuncinya.

Melalui bimbingan dari pihak professional anda dapat mengelola kondisi diabetes tipe apapun. Untuk itu penting kiranya agar kita secara rutin berkonsultasi dengan pihak tersebut, agar kondisi kesehatan kita dapat selalu terpantau dan apabila ada sesuatu yang buruk langsung mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Komplikasi yang dapat ditimbulkan dari diabetes tipe 1 adalah (neuropati) penyakit system syaraf, ginjal, kebutaan, tekanan darah tinggi, stroke, jantung, dan beberapa kasus amputasi. Bahkan diabetes dianggap sebagai penyebab lebih dari 231.000 kematian di tahun 2007.

Berikut masalah kesehatan yang bisa dijabarkan

Penyakit jantung dan stroke
-          Resiko stroke dapat mencapai 2 hingga 4 kali lebih tinggi bagi orang yang menderita diabetes.
-          Sama halnya dengan stroke, diabetes juga dapat menyebabkan tingginya resiko kematian yang disebabkan penyakit jantung 2 hingga 4 kali lipat daripada orang yang tidak terkena diabetes.

Kebutaan
Diabetes menjadi penyebab utama munculnya kasus kebutaan pada orang dewasa yang berusia 20-74 tahun.


Penyakit ginjal
-          Pada tahun 2008, ada 202.290 orang memiliki penyakit ginjal stadium akhir yang disebabkan oleh diabetes.
-          Pada tahun yang sama, ada 48.374 orang yang memulai pengobatan  untuk penyakit ginjal stadium akhir mereka di Amerika Serikat.
-          Penyakit diabetes menjadi penyebab utama munculnya gagal ginjal, tercatat 44% kasus muncul pada tahun 2008
Penyakit Saraf (neuropati)
-          Sekitar 60% hingga 70% penderita diabetes akan mengalami kerusakan system saraf baik kerusakan ringan hingga yang berakibat fatal untuk penderitanya.
-          Lebih dari 60% terjadi amputasi pada orang yang terkena diabetes.

Sekarang dengan melihat data-data yang telah dipaparkan diatas anda dapat istirahat sejenak. Coba renungkan permasalahan yang timbul akibat diabetes ini. 


Mungkin anda bertanya, bagaimana dan apa yang harus dilakukan ketika saya memiliki diabetes tipe 1? Apa yang bisa saya lakukan ketika anak saya rupanya terjangkit penyakit tersebut. Akankah saya akan membatasi potensi dari diri mereka hanya disebabkan oleh penyakit ini. Mengingat mereka masih kecil dan memiliki cita-cita yang tinggi.

Ada banyak sumber informasi di internet yang dapat anda gunakan sebagai referensi untuk menangani hal ini. Yang terpenting jangan sampai salah informasi, selalu konsultasikan informasi yang anda dapatkan dengan pihak yang ahli menangani masalah seperti itu.

Hidup dengan Diabetes Tipe 1
Mungkin ketika anda atau anak anda diberitahu bahwa positif terkena diabetes. Merasa ini adalah akhir dari dunia. Seakan-akan tidak ada harapan untuk hidup lagi. Tidak ada gunanya melakukan aktivitas untuk membangun mimpi karena semua itu sia-sia.

Akankah anda akan berhenti dan hanya berpikir seperti itu?

Ada beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai motivasi bahwa banyak diluar sana orang dengan diabetes tipe 1 namun masih tetap dalam kehidupan normal mereka. Bahkan seakan-akan mereka tidak ada bedanya dengan yang tidak terkena diabetes. Berikut beberapa contohnya

-          Crystal Bowersox, adalah salah seorang yang pernah berkompetisi di American Idol
-          Nat Strand, ia didiagnosis mendapatkan diabetes pada saat umurnya 12 tahun. Namun sekarang ia masih aktif di Amazing Race dan memenangkan lomba tersebut.
-          Charlie Kimball, pembalap NASCAR dan bersaing di Indy 500
-          Nick Joans, adalah bintang pop terkenal

Jadi anda jangan berputus asa terlebih dahulu. Saya yakin diluar sana masih banyak pejuang diabetes tipe 1 yang mereka tidak menyerah akan penyakit ini. Dan mereka dapat membuktikan bahwa penyakit diabetes bukanlah penghalang untuk tetap menjadi yang terbaik dalam hidup ini.


Pemantauan Glukosa dan Insulin
Maaf saya lupa untuk memberitahukan cara terbaik untuk mengelola diabetes tipe 1. Pada dasarnya untuk diabetes tipe 1 melibatkan beberapa elemen seperti manajemen insulin, olahraga, nutrisi, control gula darah dan dukungan.

Pertama adalah kontrol glukosa (gula darah). Dimana anda sudah tidak dapat memproduksi insulin di dalam tubuh. Anda harus banyak belajar seberapa banyak insulin yang diperlukan tubuh dan bagaimana harus diberikan. Bertahap atau langsung tentu ada caranya tersendiri. Pemantauan ini harus terus berjalan. Anda juga perlu untuk mengambil sampel darah dan melakuka tes kadar glukosa beberapa kali dalam sehari.

Begitu anda mengenai kadar glukosa yang diperlukan, maka anda dapat mengelola insulin yang diperlukan dengan pena injeksi, suntik atau pompa insulin.

Ada banyak pihak yang menjual insulin terbaik untuk anda. Pilihlah dengan bijak insulin mana yang kira-kira akan anda gunakan sehingga dengan insulin pilihan anda tersebut hidup anda menjadi lebih energik lagi.

Olahraga
Olahraga dapat memberikan beberapa manfaat untuk tubuh anda dan merupakan kunci dari perawatan diabetes yang tepat. Dengan merutinkan olahraga maka kadar glukosa dalam tubuh anda akan jauh lebih stabil.

Mungkin anda mengira harus melakukan olahraga berat seperti lari marathon dll. Tidak perlu, anda cukup beraktivitas secara normal sehingga tubuh anda menjadi bergerak dan aktif. Untuk saran olahraga apa yang terbaik yang bisa dilakukan, mungkin anda bisa mencoba beberapa ide berikut ini :

-          Berjalan-jalan dengan pasangan anda. Anda dapat mengajak pasangan anda untuk berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal anda. Sambil jalan, anda bisa membahas masalah rumah tangga anda dengan pasangan anda sehingga terjadilah komunikasi yang efektif. Keluarga anda pun insya Allah akan menjadi lebih harmonis karena ada komunikasi yang terjadi secara rutin.

Anda juga dapat pergi ke market dengan berjalan kaki. Yang biasanya menggunakan kendaraan, bisa anda ganti dengan jalan kaki. Lumayan untuk kesehatan tubuh anda.
-          Kalau anda sudah berusia lanjut (kakek/nenek) maka anda dapat bermain dengan cucu-cucu anda.

Jangan dikira bermain dengan cucu tidak melelahkan. Saya yakin ketika anda olahraga seperti jalan-jalan dengan bermain bersama cucu akan lebih melelahkan bermain dengan cucu. Karena memang mereka masih kecil sehingga mereka dapat bergerak dengan lincah.

-          Naik tangga bukan lift. Jika masih bekerja di sebuah instansi maka pilihlah tangga untuk mencapai ruangan kerja anda. Mungkin anda akan sendirian dalam menaiki tangga, namun tidak mengapa karena yang anda cari adalah kesehatan tubuh. Dengan begitu anda bisa tetap beraktivitas dengan leluasa di kantor bersama rekan-rekan anda.


Makanan
Seperti yang diketahui, anda harus pintar-pintar dalam mengatur dan mengelola diabetes anda. Rencanakan makanan untuk beberapa hari agar anda dapat menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Selain itu anda bisa mencari informasi di internet atau majalah mengenai makanan terbaik untuk penderita diabetes. Saya yakin anda dapat menemukannya dengan mudah.


Dukungan
Salah satu aspek yang seringkali dilupakan oleh orang-orang disekitar penderita diabetes adalah mereka tidak memberikan dukungan kepada penderita diabetes. Padahal dukungan tersebut sangat penting bagi mereka untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Dukungan emosi maupun fisik sangat mereka butuhkan. Dan jangan sampai mereka depresi karena merasa tidak ada seseorang yang memperhatikan kehidupan mereka.

Sekarang mulai bermunculan oraganisasi ataupun komunitas yang dapat memberikan dukungan untuk setiap anggotanya. Anda dapat bergabung dengan mereka. Coba cari kelompok, komunitas, ataupun organisasi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan begitu anda akan dikelilingi oleh orang-orang yang terus mendukung apa yang anda miliki sekarang.

Bukan hanya didunia nyata, di dunia maya pun sangat banyak saya jumpai komunitas yang bermanfaat. Anda bisa mencarinya di internet. Bahkan kalau di dunia maya, mereka tidak mengenal waktu untuk tetap berinteraksi dengan sesama anggotanya. Sehingga ketika anda ingin berinteraksi dengan mereka tidak mengalami kesulitan.

Semoga semua informasi yang saya berikan mengenai pengetahuan dasar diabetes tipe 1 dapat bermanfaat untuk anda. Mulai dari data statistik mengenai diabetes, kemudian permasalahan yang dihadapi atau komplikasi yang dapat timbul akibat diabetes, contoh orang yang berhasil mengelola diabetes mereka dan beberapa saran terkait mengelola diabetes tipe 1. Sampai bertemu lagi pada pembahasan berikutnya.