February 8, 2016

Tidur Siang Terlalu Lama Dapat Beresiko Diabetes


Tidur Siang Lama Beresiko Diabetes
Sumber Gambar : gambartop10.blogspot.com

Tidur siang diketahui banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Tentunya durasi waktu tidur siang tidak sembarangan. Ada durasi yang wajar ketika orang tidur siang. Lalu manfaatnya apa? Manfaat tidur siang antara lain  mencegah penyakit jantung dan dapat menurunkan tekanan darah.


Nah, hal ini akan berlaku sebaliknya jika anda tidur siang terlalu lama. Sebuah studi yang dipresentasikan di European Association for the Study of Diabetes memaparkan bahwa mereka yang tidur siang terlalu lama dapat beresiko terkena diabetes tipe 2.

Baca artikel terkait : diabetes tipe 2

Para peneliti dari Universitas Tokyo yang menemukan hal ini. mereka menganalisis 10 studi dari berbagai negara dengan melibatkan 261.365 orang. Jumlah yang sangat banyak. Dari hasil analisis tersebut ditemukan bahwa orang yang tidur siang terlalu lama dapat beresiko terkena diabetes tipe 2.

Mereka menyimpulkan bahwa orang yang mengantuk berlebihan pada jam siang, ada kaitannya dengan resiko munculnya diabetes tipe 2 sebanyak. Nilainya pun cukup besar yaitu 56%. Ini baru resiko sudah 50% lebih. Bagaimana dengan munculnya penyakit diabetes itu sendiri?


Tak hanya itu, mereka juga berhasil menemukan hasil dari studi bahwa orang yang tidur siang lebih dari 1 jam maka beresiko terkena diabetes 46% lebih tinggi. Jadi orang yang tidur siang lebih dari 1 jam maka lebih rentan terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidur siang sewajarnya.

Lantas berapa lama waktu tidur siang yang efektif agar kita dapat terhindar dari resiko ini? mereka menjawab bahwa jika kita tidur siang kurang dari 1 jam maka resiko terkena diabetes akan kecil.