February 6, 2016

Para Peneliti Sedang Mengembangkan Vaksin Untuk Diabetes Tipe 1


Pengembangan vaksin untuk diabetes tipe 1
Vaksin Untuk Diabetes Tipe 1
Sumber Gambar : www.slideshare.net

Para peneliti dari Finlandia mengklaim telah menemukan dan mengidektifikasi virus penyebab diabetes tipe 1. Dari penelitian tersebut didapatkan ada 5 tipe virus atau stranenterovirus yang berbeda yang menyerang organ pankreas.  Serangan dari virus tersebut menyebabkan sel-sel yang ada di dalam pankreas berhenti memproduksi insulin sehingga menyebakan timbulnya diabetes tipe 1.


Peneliti dari Tampere University mengatakan bahwa telah memiliki cukup informasi untuk memproduksi vaksin yang efektif untuk mencegah penyakit diabetes setelah melacak lebih dari 100 starin.

“Kami sudah mengidentifikasi 1 tipe virus yang membawa resiko paling besar diantara virus-virus yang lain. Satu jenis vaksin dapat melindungi dan memberikan efek positif,” kata Heikki Hyoty, dimana ia telah bekerja selama lebih dari 10 tahun untuk menemukan penyebab dari diabetes tipe 1 ini.

Baca juga : Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 memang berbeda dengan diabetes tipe 2, walaupun sama-sama dikatakan diabetes. Dimana untuk tipe 1 tidak bisa memproduksi insulin, sedangkan untuk tipe 2 bisa memproduksi namun jumlahnya sedikit dan tidak mampu merespon insulin.

Diabetes tipe 1 terjadi dikarenakan sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif dan menyerang sel beta yang ada di pankreas. Akibatnya, gula darah menjadi tidak terkontrol dan mengganggu aliran darah. Akibat lainnya adalah dapat menyebakan kerusakan pada sistem saraf, ginjal, dan jantung. Samapi saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar ampuh untuk menghilangkan baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2. 

Walaupun jumlah kasus penderita diabetes tipe 1 sangatlah sedikit yaitu hanya 5% saja, namun jika kita lihat dari kacamata dunia maka ada setidaknya 17 juta orang di dunia yang terkena diabetes tipe 1 ini. umumnya banyak diderita dari kalangan anak-anak.

Hyoty mengatakan bahwa saat ini sudah tersedia prototype untuk vaksin diabetes tipe 1. Sampai saat ini vaksin tersebut terus memberikan hasil positif ketika diujicoba pada tikus. Dimana berencana Langkah selanjutnya yaitu menggunakan manusia.

Sebelum bulan juni, vaksin ini diujicobakan pada mereka yang terkena diabetes tipe 1. Dan hasilnya vaksin menunjukkan efektivitas dalam mengendalikan sel yang sakit. Vaksin ini mampu mematikan sisten daya tahan penyakit diaman menggunakan metode membalikkan pengobatan.

Sayangnya, dengan hasil yang demikian bagusnya ada tendala yang menghabat penelitian ini yaitu faktor dana. Baik universitas maupun pinjaman belum bisa memenuhi kebutuhan riset mereka. Namun mereka percaya bahwa hal tersebut pasti bisa diatasi mengingat penyakit ini adalah masalah yang sama dihadapi di berbagai negara di dunia.


Menurut kantor berita Reuters, saat ini perusahaan bioteknologi Tolerion yang bertempat di California telah membeli vaksin tersebut. saat ini tengah proses perpanjangan riset yang nantinya akan melibatkan sekurang-kurangnya 200 pasien dalam pengujian vaksin tersebut.