February 11, 2016

Penderita Diabetes Harus Menerapkan Pola Makan Yang Baik



Pola Makan Yang Baik
Sumber Gambar : ramaherbaltiens.blogspot.com
Diabetes timbul karena pola hidup yang tidak sehat, salah satunya tidak memperhatikan asupan makanan. Banyak yang terkena diabetes tidak menyadari sebelumnya sampai mereka memeriksakan dirinya ke dokter dan positif terkena.


Lalu apakah menjadi bencana bagi para penderita diabetes. Karena mereka beranggapan makanan yang mereka makan akan berbeda dengan kebanyakan orang. Padahal, Kebutuhan nutrisi untuk pasien diabetes sebenarnya hampir sama dengan pasien non diabetes.  Tentunya asupan gizi tersebut harus dibuat berdasarkan aktivitas fisik, berat badan, usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan fisiologi pasien.

Penderita diabetes tidak cukup menghasilkan insulin sehingga mengalami kesulitan dalam mengendalikan kadar gula darah. Dimana pada akhirnya metabolisme tubuh mereka menjadi terganggu dan gula darah akan naik dengan cepat.

Namun jika telah diatur pola makannya dengan tepat, maka para penderita diabetes dapat hidup dengan sehat. Berikut pengaturan makan yang tidak membahayakan kesehatan bagi penderita diabetes.

1.       Makan protein tanpa lemak
Protein harus tetap disediakan agar komposisi tubuh tetap normal. Tentunya jumlah protein telah disesuaikan dengan pasien diabetes. Lalu apa saja makanan berprotein tapi tanpa lemak? Makanan tersebut diantaranya bisa ikan, putih telur, ayam, ataupun susu olahan.

2.       Konsumsi karbohidrat
Anda harus mengkonsumsi karbohidrat agar membantu menstabilkan kadar gula darah anda. Anda dapat menyantap biji-bijian seperti beras merah dan gandum.

3.       Rutin olahraga
Olahraga aerobic sangat cocok bagi anda penderita diabetes. Latihan tersebut dapat meningkatkan sensitifitas insulin. Sebaiknya anda mulai dengan 3-5 jam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.


4.       Makan tepat waktu
Banyak diantara kita yang membiarkan waktu makan berlalu. Alasan masih sibuk dengan pekerjaan kantor yang sering dilontarkan. Padahal anda makan tidak lebih dari 30 menit, kecuali dengan obrolan bersama teman-teman. Tentu menjadi lebih dari 30 menit. Untuk penderita diabetes usahakan untuk makan 3-4 jam sekali.

5.       Hindari gula, garam, dan makanan berlemak
Untuk penderita diabetes usahakan untuk memperbanyak rempah-rempah ketika membuat suatu masakan. Atau bisa ditambah dengna penyedap rasa. Garam bisa anda ganti dengan lada hitam, peterseli, seledri, ataupun cuka dan mustard. Hindari juga makanan yang digoreng karena dapat berefek pada diabetes anda yaitu meningkatnya kadar gula darah.

6.       Serat harus tercukupi
Anda bisa memperoleh asupan serat dari buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran. Selain membantu menurunkan kadar gula, juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

7.       Hindari saus
Nah, bagi anda yang sering makan saus ada baiknya dihindari. Bagi para penderita diabetes tidak dianjurkan untuk makan dibarengi dengan saus, apalagi mayonase. Itu tidak baik bagi kesehatan tubuh dan akan berakibat pada diabetes anda.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat maka anda pun dapat beraktivitas dengan enak seperti kebanyakan orang.