January 13, 2016

4 Bahan Alami Yang Dapat Menurunkan Gula Darah


Bahan Alami Penurun Gula Darah
Bahan Alami Penurun Gula Darah
Sumber Gambar : archive.kaskus.co.id



Bagi para diabetes, mengatur kadar gula darah agar selalu normal memang membutuhkan berbagai upaya. Mulai dari yang mudah hingga terkadang sedikit rumit. Jika kadar gula darah dalam keadaan normal maka aktivitas pun dapat berjalan dengan lancar. Dari segala cara yang ada anda dapat memilih untuk obat-obatan kimia atau yang berbahan herbal.


Pada kesempatan kali ini, saya hendak menyampaikan informasi mengenai 4 bahan alami yang dapat membantu menurunkan gula darah. Karena pada saat ini banyak orang yang beralih ke herbal. Selain khasiatnya memang terbukti, banyak diantaranya memilih herbal karena tidak memiliki efek samping. Memang pengobatannya berjalan lebih lama dibandingkan dengan yang kimia. Namun itu semua kembali kepada individu masing-masing untuk menentukan pilihan pengobatan diabetes mereka.


Manfaat Menggunakan Bahan Alami


1.       Ramah Lingkungan

Produk yang dibuat secara konvensional memiliki dampak negative terhadap lingkungan. Limbah hasil pembuatan produk yang dibuang di lingkungan sekitar dapat mencemari lingkungan tersebut. apalagi jika di lingkungan tersebut terdapat makhluk hidup. Tentu ekosistem mereka akan terganggu dan bahkan musnah. Berbeda jika membuat produk yang dihasilkan dari bahan alami. Tentunya tidak ada bahan berbahaya yang dibuang sehingga aman untuk lingkungan. Jika anda menggunakan bahan herbal berarti anda telah bersama-sama merawat lingkungan.

2.       Menghindari iritasi

Tidak dipungkiri bahan kimia akan menyebabkan iritasi bagi penggunanya. Yang kita tahu bahwa setiap individu memiliki keunikan tubuh mereka masing-masing. Jika tubuh tidak kuat terhadap bahan kimia yang digunakan maka akan timbul efek samping seperti iritasi. Dan tidak sedikit dari mereka yang menggunakan produk kimia mengalami efek samping seperti iritasi. Lalu, bagaimana dengan yang berbahan alami? Tentunya resiko yang ditimbulkan jauh lebih kecil dari yang berbahan kimia. Adapun tubuh merasakan hal yang tidak enak. Itu adalah proses detoksifikasi agar tubuh mengeluarkan racun didalam tubuh.

3.       Tidak ada efek samping

Coba anda bayangkan ketika anda ditawari dua jenis produk, dimana yang pertama menggunakan bahan kimia yang dapat memberikan efek samping setelah anda menggunakannya. Kemduian produk yang kedua adalah yang berbahan alami dan tidak memberikan efek samping. Manakah yang anda pilih? Tentu anda lebih memilih yang tidak memiliki resiko efek samping.

Terkait akan penyakit diabetes, ada bahan-bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah anda. Bahan-bahan ini pun dapat dengan mudah anda jumpai dan beli. Berikut ini pemaparannya

Brotowali Dapat Menurunkan Gula Darah
Tanaman Brotowali
Sumber Gambar : Brotowali.com

Brotowali

Brotowali atau akar aliali (Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff. ; juga T. cordifolia (Thunb.) Miers dan T. rumphii Boerl.) merupakan tumbuhan perdu. Tumbuhan ini menyukai tempat panas. Tinggi batang tumbuhan ini bisa mencapai 2,5 m. karakteristik batanya hanya sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat dengan rasanya yang pahit seperti sirih. Daunnya brotowali memiliki karakteristik tunggal, bertangai, berbentuk seperti jantung atau agak bundar seperti telur,. Memiliki panjang 7-12 cm dan lebar 5-10 cm dan berwarna hijau.

Tanaman brotowali ini memang terkenal digunakan sebagai tanaman obat tradisional. Cukup direbus bagian dari tumbuhan tersebut, entah daun, batang, atau kuling batangnya. Yang jelas semua bagian dari tumbuhan brotowali hampir bisa digunakan sebagai obat.

Nah, berkaitan dengan diabetes. Maka ada ramuan brotowali yang bisa digunakan untuk mengobatinya.

 Bahan yang digunakan :
-          1/3 batang brotowali
-          1/3 genggam sambiloto
-          1/3 genggam daun kumis kucing

Cara pembuatannya :
Semua bahan diatas dicuci hingga bersih. Untuk batang dari brotowali dipotong-potong secukupnya. Kemudian campuran dari brotowali, kumis kucing, dan sambiloto direbus dengan menggunakan 3 gelas air besih. Rebus hingga air tersisa 2 gelas. Setelah dirasa dingin saring ramuan tersebut dan kemudian diminum.

Dosis penggunaan ramuan brotowali untuk diabetes yaitu diminum 2 kali sehari. Waktunya yaitu setengah jam sebelum makan pagi dan sore hari. Masing-masingnya 1 gelas.

Berdasarkan testimoni orang yang sudah mengonsumsi ramuan brotowali bahwa ramuan tersebut memang dapat menurunkan kadar gula dalam darah secara drastic. Namun jika digunakan secara berlebihan khasiat tersebut tidak akan muncul. Harus benar-benar sesuai dengan aturan pakainya jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik

Baca artikel terkait : Manfaat Tanaman Jali Untuk Diabetes
 
Tanaman Jombang Bermanfaat Menurunkan Darah
Tanaman Jombang
Sumber Gambar : quarknet.de

Traxacuma Officinale (Jombang)

Bahan alami selanjutnya adalah Traxacuma Officinale (Jombang). Tumbuhan jombang adalah herba pendek yang memiliki bunga berwarna kuning dengan daunnya yang lebar mendatar dan tepinya berleku-lekuk. Bunga dari tumbuhan ini sebenarnya adalah kumpulan dari bunga kecil yang berkarang pada satu bongkol bunga.

Tanaman ini tumbuh di daerah lereng gunung, lapangan, bahkan pinggrir jalan. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tumbuhan ini memiliki khasiat untuk kesehatan khususnya bagi penderita diabetes. Seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan, dari daun hingga akar semuanya dapat digunakan.

Nah, berkaitan dengan diabetes. Maka ada ramuan tumbuhan jombang yang bisa digunakan untuk mengobatinya.

 Bahan yang digunakan :
-          30-60 gram daun jombang
-          3 gelas air

Cara pembuatannya :
Daun jombang yang masih segar direbus di dalam panic dengan ditambah air kira-kira 3 gelas. Gunakanlah api kecil untuk merebusnya. Butuh waktu kurang lebih 4 jam untuk mendapatkan hasil rebusan untuk diminum.


Tanaman Jati Belanda
Sumber Gambar : tarmiziblog.blogspot.com

Jati Belanda

Bahan alami selanjutnya adalah jati belanda. Jati belanda atau Guazuma ulmifolia merupakan tanaman dari salah satu suku Sterculiaceae. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman jati belanda adalah sebagai berikut :

Kulit : dammar, zat samak, asam
Batang dan daunnya : glikose dan lemak

Tanaman ini bukan hanya berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah. Melainkan pelangsing tubuh, sakit perut, dan obat batuk.

Buah Goji Berry
Sumber Gambar : Merdeka.com

Goji berry

Bahan yang terakhir yang dapat berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah adalah goji berry. Goji berry adalah buah yang tumbuh di daerah perbukitan barat laut China dan pegunungan Tibet. Buahnya memiliki panjang 1-2 cm dengan warna merah. Jumlah bijinya bervariasi antara 10-60 biji. Buah ini dianggap sebagai salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Kandungan dari goji berry sendiri adalah makronutrien, lemak, protein, karbohidrat, serat. Buah keringnya mengandung 68% karbohidrat, 12% protein, dan 10% untuk lemak dan serat.

 
Itulah 4 bahan alami yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah anda. Silahkan anda memilih salah satu dari keempat bahan yang dirasa paling mudah anda jumpai. Sehingga anda dapat selalu mempergunakannya . Kalau perlu budidayakan tanaman tersebut agar anda tidak membeli. Akan jauh lebih bermanfaat, bukan hanya untuk anda melainkan untuk orang sekitar anda yang juga membutuhkannya.