November 11, 2015

Apakah Semua Terapi Insulin Itu Bagus Bagi Penderita Diabetes?



Saya seorang penderita penyakit diabetes tipe 2. Saya ingin bertanya terkait terapi insulin. Apakah semua terapi insulin bagus untuk penderita diabetes tipe 2?


Di dalam pengobatan, setiap orang memiliki respon yang berbeda-beda ketika diberikan obat. Termasuk bagi penderita diabetes. Ada beberapa penderita yang tubuhnya tidak merespon terhadap obat oral yang digunakan, oleh karena itu maka diberikanlah terapi insulin.

Baca Artikel Terkait : Mengapa Tubuh Memerlukan Insulin?

Ketika saya mencari info mengenai hal ini. Setidaknya ada jawaban dari dr Rahajeng A. P (Konselor ASI) di website suara.com. Disana dr Rahajeng memberikan jawabannya terkait hal ini.

Obat-obatan yang berbentuk tablet bisa menjadi kurang efektif untuk mengobati diabetes sehingga diperlukan terapi insulin. Terapi ini digunakan sebagai upaya menggantikan atau berdampingan dengan obat oral. Tentu dosis dan cara pemakaiannya diperhatikan.

Oleh karena itu, ada beberapa jenis insulin yang dapat digunakan untuk penderita diabetes, yaitu :
-          Insulin kerja cepat yang tidak tahan lama. Insulin jenis ini bereaksi sangat cepat di tubuh namun tidak dapat bertahan lama.
-          Insulin kerja singkat dan bertahan lama. Insulin ini dapat bertahan maksimal 8 jam
-          Insulin kerja panjang. Insulin ini dapat bertahan hingga 1 hari

Untuk menjawab apakah semua terapi insulin bagus untuk penderita diabetes. Maka tergantung pada kondisi pasien. Bisa menggunakan salah satu dari jenis insulin diatas atau bahkan mengombinasikan jenis insulin tersebut. Semuanya tergantung saran dokter. Oleh karena itu sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan saran yang sesuai.

Semoga bermanfaat.