November 11, 2015

Apakah Minum Kopi Rentan Terkena Diabetes?



Apakah anda pecinta kopi? Bagaimana dengan pagi anda, apakah selalu ditemani dengan secangkir kopi? Pastinya enak ya pagi-pagi ketika membaca surat kabar ditemani kopi hangat dan camilan. Namun anda perlu berhati-hati dengan rutinitas minum kopi yang anda lakukan. Karena sebuah studi mengungkapkan bahwa kebiasaan minum kopi dapat meningkatkan resiko pra diabetes pasa seseorang di usia dewasa dengan disertai hipertensi ringan.


Studi tersebut melibatkan 1.201 pasien non diabetes yang memiliki usia 18-45 tahun, dimana mereka semua memiliki kecenderungan hipertensi. Dari data tersebut dipaparkan bahwa 26,3% adalah mereka yang tidak minum kopi atau tidak suka minum kopi, kemudian 62,7% adalah mereka yang cukup menggemari kopi, tapi tidak terlalu sering mengonsumsinya, dan 10% adalah mereka pecandu kopi dimana mereka dapat menghabiskan lebih dari 2 cangkir kopi setiap harinya.

Rupanya ada hubungan linier antara pengunaan kopi dan resiko hipertensi dengan disertai meningkatnya resiko pra-diabetes hingga 100%.


Lucio Mos dari Rumah Sakit Daniele del Friuli mengatakan, “Minum kopi dapat meningkatkan resiko pra-diabetes pada individu dewasa. Dimana mereka memiliki metabolisme yang lambat dalam mencerna kafein di dalam tubuh. Resiko ini akan semakin besar pada mereka yang memiliki tubuh gemuk atau obesitas. Studi tersebut menunjukkan bahwa pengguaan kopi secara linier dikaitkan dengan peningkatan masalah kardiovaskular dengan hipertensi ringan.

Untuk itu ada baiknya bagi anda penggemar kopi mulai mengurangi intensitas minum kopi. Bukan sama sekali menghilangkan aktivitas tersebut. Sesuatu yang tidak baik akan berujung pada tidak baik juga. Jika kita mengonsumsi kopi dalam takaran yang sesuai dan tidak berlebihan (hanya jam-jam tertentu) maka kesehatan pun dapat terjaga.

Tapi berbeda, jika kita mengonsumsi kopi tanpa pandang bulu. Dalam sehari bisa lebih dari 3 cangkir kopi. Wah, itu bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Dapat beresiko terkena pra-diabetes. Ingat, diabetes itu penyembuhannya tidak bisa 1-2 bulan. Bisa bertahun-tahun penyembuhannya. Tentu akan menghabiskan banyak biaya jika anda terkena diabetes. Oleh karena itu, mulai dari sekarang jaga pola hidup kita agar selalu sesuai dengan porsinya. Semoga kesehatan kita selalu terjaga ya.