October 13, 2015

Benarkah Banyak Mengonsumsi Antibiotik Dapat Menyebabkan Diabetes?



Bagaimana kondisi tubuh anda saat ini? Apakah anda menggunakan antibiotik? Berapa lama anda menggunakannya? Apakah sudah bertahun-tahun? Beberapa studi yang dilakukan menyimpulkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi antibiotik dapat beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Baca Artikel Terkait : Diabetes Tipe 2

Para peneliti tersebut menemukan bahwa orang yang sudah terkena diabetes tipe 2 cenderung minum antibiotik lebih banyak pada tahun-tahun sebelum ia terkena penyakit diabetes. “Ini terlihat selama 15 tahun sebelum seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2,” kata Mikkelsen, seorang doker sekaligus mahasiswa program doctoral di Center for diabetes Research, Gentofte Hopital dan University of Copenhagen.

“Pasien dengna diabetes tipe 2 terpapar antibiotik secara berlebihan,” lanjut Mikkelsen.

Meskipun para peneliti tersebut menemukan adanya kaitan antara antibiotik dengan penyakit diabetes tipe 2, namun mereka tidak dapat membuktikan adanya hubungan sebab akibat secara langsung..

Untuk penelitian ini, melibatkan 170.000 orang yang sudah terkena diabetes dan 1,3 juta orang dewasa. Data ini diambil dari tahun 1995 hingga 2012. Dimana para ilmuwan menghitung resep antibiotik yang telah diisi oleh 170.000 penderita diabetes tersebut.

Dari hasil analisis tersebut diungkapkan bahwa orang yang terdiagnosis terkena penyakit diabetes tipe 2 menggunakan 0,8 resep antibiotik pertahun. Sedangkan untuk mereka yang tidak terkena diabetes menggunakan 0,5 resep pertahun. Intinya, semakin banyak resep yang digunakan maka resikonya pun menjadi semakin besar pula. Dan studi ini telah dipublikasikan melalui Journal of Clinical Endocriniology & Metabolism.

Belum jelas apa sebenarnya yang menyebabkan resiko diabetes menjadi lebih tinggi. Ada kemungkinan bahwa kondsi berkembang, resiko infeksi meningkat, dan memerlukan antibiotik sebelum diagnosis diabetes sebenarnya,” kata Mikkelsen.


Kita berharap ada hasil terbaru dari studi yang mereka lakukan terkait hubungan antibiotik dengan penyakit diabetes ini. Sehingga menjadi semakin jelas apa sebenarnya yang menjadi penyebab penyakit diabetes. Semoga bermanfaat