September 28, 2015

Mengapa Tubuh Memerlukan Insulin?



Insulin adalah salah satu hormon yang berperan aktif dalam membantu tubuh mengambil nutrisi dari makanan. Tanpa insulin, tubuh tidak dapat mengambil manfaat dari makanan yang telah dikonsumsi. Makanan dicerna oleh tubuh menjadi zat-zat gizi, seperti glukosa dan asam lemak yang nantinya akan diubah menjadi energi. Selain itu juga kedua zat gizi tersebut berfungsi untuk mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak, dan berfungsi juga sebagai cadangan makanan.


Pada penderita diabetes, proses pencernaan berjalan normal. Tetapi karena keterbatasan insulin, glukosa  dalam darah tidak dapat disimpan bahkan dikurangi. Gula darah yang jumlahnya melebihi batas normal langsung dibuang melalui urin.

Hati mempunyai dua peran ganda dalam proses pencernaan makanan, yakni mengubah zat makanan menjadi zat kompleks yang dapat disimpan dan memecah kembali zat kompleks tersebut ketika akan diubah menjadi energi. Proses tersebut dikontrol oleh insulin. Sebagai contoh, glikogen akan dirubah menjadi glukosa untuk disimpan ataupun dilep as ke dalam darah. Insulin berperan untuk memastikan keseimbangan glukosa yang disimpan dan dilepas. Dengan demikian, kadar gula dalam darah tetap berada pada batas normal. Insulin juga mempunyai peranan penting dalam proses penyerapan makanan ke dalam tubuh serta membantu asam amino dan asam lemak untuk menghasilkan protein dan lemak untuk tubuh.