June 2, 2016

Diabetes Melitus Bisa Timbul Akibat Gangguan Hormonal Pada Wanita


Gangguan Hormonal
Sumber Gambar : obattdiabetes.blogspot.com

Pada wanita banyak sekali gangguan sindrom yang bisa terjadi salah satunya sindrom poliststik ovarium (polycystic ovary sindrome / PCOS). Gangguan ini bukan hanya dapat menyebabkan seroang wanita kesulitan hamil, melainkan juga dapat memicu terjadinya dpenyakit diabetes melitus.


Kondisi ini biasanya diderita 7 dari 10 wanita yang sulit hamil. Hal ini disebabkan wanita yang menderita sindrom tersebut memiliki ukuran sel telur yang kecil sehingga sulit mengalami pematangan.

Sebagai pengetahuan, hormon adalah zat kimia yang tugasnya adalah penyampai pesan. Pesan tersebutlah yang memicu terjadinya berbagai proses yang ada di dalam tubuh termasuk pertumbuhan dan produksi energi. Terkadang juga tugas dari sebuah hormon adalah mengirim sinyal guna melepaskan hormon lainnya yang ada di dalam tubuh.


Ketika seorang wanita mengalami PCOS, maaka hormon-hormon yang ada di dalam tubuhnya menjadi tidak seimbang, misalnya saja melepaskan hormon androgen dalam jumlah besar dari seharusnya. Akibat dari hal tersebut maka seorang wanita dapat mengalami gejala antara lain pertumbuhan rambut yang berlebihan di daerah wajah dan tubuh, jerawat yang muncul sulit sembuh, dan pematangan sel telur pun menjadi terhenti.

Lalu, bagaimana hubungannya dengan diabetes melitus? Dari sekian banyak akibat yang disebabkan ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh salah satunya dapat membuat resistensi insulin, atau dengan kata lain tubuh kesulitan menggunakan insulin.

Dr Wismandari Wisnu, Sp. PD mengatakan bahwa hal ini dapat dibenarkan. Sindrom PCOS dapat membuat tubuh mengalami resistensi insulin. Akibatnya kadar gula darah menjadi tinggi.

Jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka panjang maka dapat mengakibatkan penyakit diabetes melitus. Untuk itu seorang wanita yang sudah memiliki gejala seperti itu dapat berkonsultasi kepada dokter guna memperoleh obat untuk memperbaiki resistensi insulin yang terjadi.

Untuk memastikan bahwa seorang wanita terkena sindrom PCOS, maka selain dilakukan pemeriksaan fisik juga dilakukan pemeriksaan contoh darah untuk mengecek kadar hormon, insulin, dan kadar gula dalam tubuh.

Untuk itu perlu kiranya seorang wanita yag terkena sindrom tersebut melakukan upaya untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Selain dari obat yang diberikan dari dokter, bisa ditambah dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan melakukan olahraga secara teratur.