May 23, 2016

5 Kondisi Mulut Penderita Diabetes



kondisi mulut penderita diabetes
Kondisi Mulut Penderita Diabetes
Sumber Gambar : www.esquire.co.id

Pada kesempatan kali ini penulis hendak menyampaikan bagian lain yang masih ada kaitannya dengan penyakit diabetes. Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes merupakan penyakit komplikasi, artinya dapat memunculkan penyakit lain di dalam tubuh si penderita. Nah dari berbagai komplikasi yang bisa muncul akibat penyakit diabetes. Rupanya penyakit ini juga menyerang bagian mulut.


Lalu seperti apa kondisi mulut penderita diabetes? Drg Widya Apsari, yaitu dokter spesialis penyakit gigi dan mulut dari Difa Oral Health Center mengatakan bahwa ada 5 kondisi yang harus kita ketahui mengenai mulut penderita diabetes, yaitu:

1.       Menyebabkan gigi mudah tanggal
Penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan penyangga gigi, dimana jika jaringan tersebut rusak akan berakibat gigi tanggal secara spontan. Waw, mengerikan ya, apabila gigi tersebut tanggal satu persatu. Tentu akan menyulitkan mereka ketika mengonsumsi makanan. Selain itu juga penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tulang, termasuk tulang rahang.


2.       Meningkatkan resiko gigi berlubang
Resiko ini bisa disebabkan lantaran jumlah air ludah penderita diabetes berkurang. Ada beberapa obat yang memiliki efek samping dapat mengurangi produksi air ludah sehingga gigi rawan untuk berlubang.

3.       Membuat luka lama sembuh
Jika mulut penderita diabetes mendapatkan benturan sehingga terjadi pendarahan, maka akan sulit sembuh. Apalagi jika mereka berencana mencabut gigi. Harus lebih berhati-hati dengan kondisi mulut mereka. Sehingga penderita diabetes harus berhati-hati dalam menjaga kondisi mulutnya. Jangan sampai terjadi luka. Karena luka yang lama sembuh dapat berpotensi infeksi.

4.       Mudah terkena infeksi
Jika tadi luka sulit sembuh, maka efek selanjutnya yang bisa disebabkan oleh penyakit diabetes adalah rongga mulut mudah terkena infeksi jamur dan bakteri. Hal tersebut disebabkan penurunan ketahanan mukosa (kulit) pada rongga mulut.

5.       Berkurangnya indra pengecap
Disini bukan berarti lidah mengkerut atau bertambah kecil. Bukan tiu, namun lebih kepada indra pengecapnya tidak bekerja secara baik. Ada kalanya ketika penderita diabetes makan makanan yang memiliki rasa asin. Maka mereka menambahkan garam ke dalam makanan. Mereka merasa bahwa rasa makanan tersebut kurang asin. Padahal bagi korang lain (bukan pendrtia diabetes) itu sudah asin. Tak heran jika penderita diabetes juga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.


Drg Widya Apsari juga menjelaskan bahwa kelima kondisi ini dapat dijadikan petunjuk adanya penyakit diabetes pada orang yang diperiksa rongga mulutnya. Sehingga ketika didapat bahwa orang yang diperiksa memiliki diabetes, maka dokter gigi akan menyarankan untuk memeriksakan kadar gula darah dulu sebelum dilanjutkan diagnosa rongga mulutnya. Takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena kondisi mulut penderita diabetes tentu berbeda dengan kondisi mulut orang normal pada umumnya.