April 6, 2016

Tingkat Resiko Lebih Besar Jika Usia Dini Sudah Terkena Diabetes Tipe 2


Resiko Lebih Besar Untuk Usia Dini Yang Terkena Diabetes
Sumber Gambar : nih.dromgii.top

Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Nah berkaita dengan diabetes tipe 2, maka sebenarnya hal pokok yang paling mendasar adalah terkait pola hidup yang kurang sehat sehingga mengakibatkan kerusakan pada organ pankreas.


Banyak orang  yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena diabetes. Hal ini dikarenakan masih banyak yang tidak memahami kesehatan tubuhnya dengan baik. Menganggap apa yang terjadi sebagai bagian yang sudah sepatutnya terjadi. Padahal tidak, bisa jadi itu pertanda bahwa mereka terkena sebuah penyakit.

Banyak orang yang tidak menyadari akan gejala diabetes itu sendiri. Seperti apa gejala diabetes tipe 2? Paling tidak ada hal-hal mendasar yang sangat mudah untuk diketahui dan sebagai patokan apakah tubuh benar-benar sehat atau malah sebaliknya.
-          Turunnya berat badan
-          Sering buang air kecil
-          Sering merasa haus dan mudah sekali mengantuk
-          Massa otot menjadi berkurang

Jika anda menemukan salah satu atau bahkan seluruhnya, maka segera konsultasi kepada dokter  untuk mendapatkan kepastian mengenai kesehatan tubuh anda.

Lebih Jelasnya Silahkan Baca Artikel Berikut : Diabetes Tipe 2, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Hasil Penelitian Terkait Resiko Diabetes Untuk Usia Dini


Banyak yang beranggapan bahwa penyakit diabetes hanya diderita oleh orang tua saja. Jangan salah, saat ini penderita diabetes usia muda lebih banyak jika dibandingkan dengan usia tua. Dan tentu resiko yang diberikan akan jauh lebih besar jika penyakit ini berada pada penderita usia muda.

Menurut Jencia Wong, salah satu peneliti senior dari Diabetes Center di Royal Prince Alfred Hospital di Sydney dan University of Sydney di Australia mengatakan bahwa kita tahu komplikasi diabetes dapat tumbuh dibutuhkan waktu bertahun-tahun. Namun untuk mereka yang sudah terjangkit penyakit diabetes tipe 2 pada usia muda maka komplikasi tersebut akan dengan cepat muncul.

Dan mereka juga harus mengetahui apakah ada sejarah dari keluarga mereka yang terkena diabetes. Jika ya, maka mereka akan lebih rentan terkena penyakit lainnya seperti darah tinggi atau hipertensi.

Pada penelitian tersebut, para peneliti menganalisis setidaknya 354 pasien dengan usia remaja dan dewasa, serta menganalisis sekitar 1.062 pasien dengan usia antara 40 hingga 50 tahun. Para peneliti tersebut mengunakan Rumah Sakit Royal Prince Alfred sebagai tempat penelitian mereka.

Didapat dari hasil penelitian tersebut, bahwa antara kedua kelompok terebut memiliki hasil yang sama seperti resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Namun mereka yang didiagnosis pada usia lebih tua memiliki resiko lebih kecil untuk penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol. Sedangkan untuk usia remaja dan dewasa, mereka memiliki tingkat resiko yang tinggi terhadap penyakit diabetes. Kemudian ditambah mereka akan mengalami kerusakan saraf yang cukup tinggi dibandingkan dengan mereka yang usia tua.

Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini kami berharap agar anak-anak muda lebih memperhatikan pola hidup mereka. Jangan sampai mereka terkena penyakit di usia mereka yang teralalu dini. Mereka yang berusia tua saja kalau terkena penyakit akan menimbulkan dampak yang luar biasa, apalagi jika hal tersebut jatuh kepada usia yang lebih muda.

Saran Untuk Penderita Diabetes Tipe 2


Bagi para penderita diabetes tipe 2 sebaiknya benar-benar memantau perkembangan kesehatan tubuhnya, kemudian menjalani proses pengobatan yang dijalani sehingga meminimalisir resiko komplikasi yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Ada langkah-langkah praktis untuk menerapkan pola hidup sehat bagi penderita diabetes, yaitu
-          Berhenti merokok
-          Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang
-          Olahraga secara teratur
-          Hindari minuman keras