March 5, 2016

Merokok Merupakan Salah Satu Faktor Resiko Diabetes


Merokok Merupakan Salah Satu Penyebab Diabetes
Merokok Dapat Berakibat Diabetes
Sumber Gambar : nuoclock.com

Kita mengetahui bahwa merokok efeknya sangat buruk bagi kesehatan. Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang merokok. Akankah mereka tidak menyayangi tubuh? Atau bahkan mereka dengan sengaja membiarkan orang-orang yang tidak merokok menanggung akibatnya. Sungguh, jika dipikirkan secara jernih pastinya seseorang dapat berhenti merokok.


Sebuah riset terbaru benar-benar membuktikan bahaya dari merokok, yaitu dapat menyebabkan resiko diabetes tipe 2.

Temuan ini berdasarkan dari gabungan peneliti internasional yang menemukan bahwa para perokok memiliki resiko 1,4 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Temuan ini berdasarkan data sejumlah 6 juta orang yang dilibatkan ke dalam 88 riset mengenai resiko merokok dan diabetes tipe 2.

Resiko tersebut akan mengalami kenaikan sedikit (sekitar 1,5 kali) selama beberapa tahun ketika berhenti merokok. Namun resiko tersebut akan turun secara perlahan setelah 5 tahun berhenti merokok. Jadi tidak serta merta berhenti langsung menurun resikonya. Prof Naveed Sattar dari University of Glasgow meminta agar para dokter mengatakan bahwa merokok dapat menjadi faktor resiko diabetes.

“Merokok memang menjadi faktor resiko bagi penyakit banyak kanker maupun jantung. Namun jangan dilupakan untuk resiko diabetes walaupun efeknya relative kecil jika dibandingkan dengan kedua faktor sebelumnya,” katanya mengomentari riset yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Diabetes & Endocrinology dan dikutip dari BBC.

Riset tersebut memang belum bisa membuktikan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 secara langsung. Namun jika sebab akibat tersebut berhasil terbukti maka para ahli memperkirakan ada 12% kasus diabetes global pada pria dan 2% pada wanita yang disebabkan oleh merokok.

Dr Richard Elliott dari Diabetes Research UK menambahkan bahwa sangat penting ditekankan akan penderita diabetes yang dapat beresiko tinggi terkena komplikasi jantung, namun hal tersebut akan jauh lebih berbahaya jika mereka merokok dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Untuk itu bagi anda yang merokok, maka sudah saatnya untuk berhenti dan menjalani kehidupan anda dengan kesehatan yang terjaga. Bukankah kesehatan merupakan aset yang paling berharga ketika hal tersebut terenggut maka kita akan menyesal. Jangan sampai kita menyesal, untuk itu lakukan pencegahan mulai dari sekarang juga.