March 12, 2016

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes


Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes
Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes
Sumber Gambar : www.teropongbisnis.com

Bagi penderita diabetes, seluruh pola hidupnya harus dirubah jika ingin memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Walaupun tidak bisa kembali seperti sedia kala, namun tentu ada cara-cara khusus dimana cara tersebut mampu membantu kehidupan mereka. Salah satunya yang bisa di atur adalah menu makanan bagi penderita diabetes.


Mereka memiliki  menu makanan yang sedikit berbeda dengan menu makanan orang pada umumnya. Hal ini diperuntukkan agar kondisi gula di dalam darah mereka bisa selalu stabil. Kalau naik secara mendadak bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh si penderita itu.

Empat komponen di dalam makanan yang dapat mempengaruhi gula darah.
Karbohidrat
Menurut wikipedia, Karbohidrat adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri dari oksigen, hidrogen, dan karbon. Bagi makhluk hidup karbohidrat sangat penting, yaitu untuk bahan bakar (energi tubuh), cadangan makanan, dan materi pembangun (misal selulosa pada tumbuhan, dan kitin pada hewan dan jamur).

Serat
Serat yang dimaksud disini adalah serat pangan. Karena serat bermacam-macam jenisnya. Serat pangan merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi. Dimana serta pangan tersebut tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia.

Menurut Trowell et al. (1985) serat pangan merupakan sisa dari dinding sel tumbuhan yang terhidrolisis atau tercerna oleh enzim pencernaan manusia. Dimana zat yang tercerna meliputi lignin, selulosa, oligosakirada, semiselulosa, gum, pektin, dan lapisan lilin.

Sedangkan Meyer (2004) mendefinisikannya sebagai bagian integral dari bahan pangan yang dikonsumsi sehari-hari dengan sumber utama kacang-kacangan, sayur-sayuran, sereal, dan buah-buahan.

Protein
Merupakan senyawa organik yang kompleks yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan dengan ikatan peptida. Di dalam molekul protein terkandung nitrogen, oksigen, hidrogen, karbon, dan kadang kala terdapat fosfor dan sulfur. Protein sangat berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.

Lemak
Lemak  merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur oksigen, hidrogen, dan karbon. Lemak merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menyediakan energi sebesar 9 kilokalori / gram. Selain itu fungsi lemak yang lain adalah melarutkan vitamin A, D, E dan K. dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia

Dari keempat kompenen tersebut, karbohidratlah yang paling cepat memberikan dampak kenaikan gula darah dibandingkan dengan ketiga kompenen lainnya. 


Bagaimana Mengatur Kadar Gula yang Tinggi?
Yang Harus Dilakukan
-          Jangan takut untuk mengonsumsi lemak baik karena memiliki berfungsi menjaga level kolesterol dalam darah. Lemak yang baik terdapat pada buah alpukat, kacang almond, walnut, canola, dan olive. Tetapi, kuantitas tetap harus diperhatikan jika tidak ingin terjadi hal yang buruk bagi tubuh. Penyakit diabetes dapat meningkatkan resiko penyakit stroke dan jantung koroner dengan mepercepat proses penyumbatan pembuluh darah.
-          Makanlah makanan yang kaya akan serat seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.
-          Pilihlah karbohidrat yang sehat. Karbohidrat yang sehat dapat diambil dari kacang merah, hijau, dan susu rendah lemak.
-          Makanlah ikan minimal 2 kali dalam seminggu. Fungsinya untuk melindungi jantung anda. Kandungan omega-3 mampu melindungi jantung anda. Untuk memperoleh hasil maksimal maka hindari memasak ikan dengan cara digoreng.
Sebaiknya dihindari
-          Kontrol asupan garam. Sebaiknya hindari menambahkan kecap (asin dan manis), saus botolan, dan garam.
-          Hindari lemak trans. Lemak trans banyak terkandung di dalam makanan olahan seperti snack, margarin.
-          Kontrol asupan kolesterol. Anda tetap boleh mengonsumsi makanan yang mengadung kolesterol, namun dalam batasan yang wajar sesuai dengan anjuran dokter. Perhitungkan jumlah yang masuk kedalam tubuh anda sehari-hari (kurang lebih 200 mg kolesterol perhari).
-          Hindari lemak jenuh yang terdapat di dalam daging merah dan daging olahan. Daging tersebut mengandung lemak jenuh yang tinggi dan anda perlu menguranginya. Namun, beberapa penelitian dapat mempublikasikan daing merah yang diproduksi khusus. Dimana kandungan lemak jenuhnya relatif kecil. Sayang, daging tersebut belum tersedia secara bebas di pasaran.


Contoh Menu Makanan Harian Untuk Penderita Diabetes


Untuk menu makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus akan saya beri satu contoh yaitu waktu sarapan /  makan pagi.

Dimana di dalam makanan tersebut terkandung 360 kalori dan 52,5 gr karbohidrat. Apa saja komposisi makanan tersebut?

-          1 gelas susu Skim
-          ½ dari pisang kepok rebus
-          1 potong roti gandum utuh dengan tambahan 1 sendok the margarin diatasnya
-          1 butir telur rebus ayam kampung
-          2 gelas air putih hangat (1 gelas sebelum makan dan 1 gelas untuk sesudah makan)

Lalu bagaimana untuk yang lain? Insha Allah akan saya jelaskan pada kesempatan yang akan datang. Untuk itu, sangat direkomendasikan bagi para penderita diabetes untuk selalu berkonsultasi dengan para ahli gizi terkait makanan yang mereka makan agar kadar gula dalam darah mereka tidak naik dan dapat menikmati kehidupan ini seperti orang lain pada umumnya.