March 23, 2016

Mengapa Berat Badan Saya Terus Bertambah Sementara Saya Tidak Suka Makan?




Saya penderita diabetes dan memiliki tubuh yang gemuk. Mengapa berat badan saya bertambah padahal saya tidak suka makan?


Tubuh memerlukan energi, yang dihitung dalam satuan kalori/joule, dimana energi tersebut dibutuhkan untuk aktivitas fisik. Untuk menjaga berat badan, anda perlu menjaga agar jumlah energi yang keluar seimbang dengan makanan yang dibutuhkan. 


Jika berat badan anda bertambah berarti energi yang anda peroleh lebih besar daripada energi yang dikeluarkan. Energi ini biasanya disimpan dalam bentuk lemak. Energi sebanyak 100 kalori (2 keping biscuit atai 1 batang cokelat) perhari akan menaikkan berat badan sebanyak 4,5 kg pertahun. 

Perlu adanya catatan khusus tentang aktivitas fisik dan makanan yang anda konsumsi sehingga diabetes dapat terkontrol. Terdapat beberapa Negara yang menggunakan istilah kalori. Adapula yang menggunakan istilah joule. Sebenarnya, kalori merujuk pada kilokalori (kkal) dan joule merujuk pada kilojoule (kJoule/kJ). Perlu diketahui 1 kalori sama dengan 4,2 joule.



No comments:

Post a Comment