November 7, 2015

Olahraga Aerobik Sangat Disarankan Bagi Penderita Diabetes



Penyakit diabetes merupakan penyakit yang bisa berlangsung selama bertahun-tahun bahkan bisa memburuk. Oleh sebab itu penyakit ini tergolong sebagai penyakit progesif kronik. Oleh karena itu penyakit ini harus ditangani sedini mungkin agar terhindar dari bahaya komplikasi yang dapat menyebabkan bertambah buruknya kondisi pasien.


Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin RSCm dr Tri Juli mengatakan bahwa olahraga rutin harus dilakukan oleh penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya. Untuk jenis olahraga yang baik bagi penderita diabetes adalah aerobic.

Dr Tri Juli dalam pertemuannya dengan media beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa olahraga yang disarankan adalah aerobik. Dimana aerobic ini termasuk berenang, jogging, dan bersepda yang dapat dilakukan selama 30-60 menit setiap harinya. Lakukan hal tersebut 5 kali dalam seminggu agar gula darah menjadi stabil.

Dengan olahraga tersebut, otot di dalam tubuh menjadi lebih sensiti terhadap insulin sehingga dapat masuk ke dalam sel dan dibakar menjadi kalori. Akibatnya kadar gula dalam darah menjadi stabil. Tapi ada beberapa saran yang diberikan oleh dr Tri Juli kepada penderita diabetes yaitu usahakan mengetahui kadar gula darah sebelum melakukan olahraga. Jika kadar gulanya kurang dari 100 mg/dL maka disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat terlebih dahulu sebelum berolahraga. Dan jika lebih dari 250 mg/dL maka dianjurkan untuk menunda latihan.