October 1, 2015

Jaga Asupan Roti Tawar Anda Jika Tidak Ingin Terkena Diabetes



penyebab diabetes
Pada jam-jam sibuk pasti orang akan memilih makanan yang praktis. Langsung disantap karena mengingat waktu adalah benda yang berharga. Apalagi jika harus berangkat pagi-pagi agar tidak telat sampai di kantor, otomatis segala jenis makanan yang praktis menjadi andalan guna mengisi perut agar tidak kosong saat bekerja.


Diantara banyaknya makanan yang bisa disantap saat sarapan adalah roti tawar. Ya produk ini dapat dengan mudah dijumpai di market-market dekat rumah anda. Dengan harga yang relative murah. Jadi tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan sarapan. Cukup roti tawar dengan selai, mentega, ataupun tidak menggunakan tambahan apapun yakni langsung disantap.

Namun, untuk konsumsi roti tawar sendiri perlu anda perhatikan. Jangan sampai berlebihan dalam menyantapnya. Menurut penelitian yang telah dilakukan , roti tawar memiliki nilai indeks glikemik yang sangat tinggi. Apa itu indeks glikemik? Adalah angka acuan yang menunjukkan bahwa makanan tersebut mengandung kadar karbohidrat. Semakin tinggi angka indeks glikemiknya maka semakin tinggi punya karbohidratnya juga.

Lalu efeknya didalam tubuh apa? Dalam keadaan normal tubuh memerlukan gula dalam darah dan itu semua diatur oleh insulin. Perlu diketahui roti tawar jika sudah masuk ke dalam tubuh akan dengan cepat diserap  sehingga terjadi resistansi terhadap insulin dalam darah. Jika dibiarkan terus menerus maka akan mengakibatkan diabetes tipe 2.

Mungkin terlihat sepele. Namun jangan salah, menurut data Federasi Diabetes Internasional mengungkapkan bahwa penyakit diabetes sering datang tiba-tiba tanpa diketahui oleh si penderita. Dan di tahun 2013 saja jumlah penderita diabetes mencapai 8,5 juta dengan umur penderita berkisar 20-79 tahun.

Bukan hanya itu, roti tawar diklaim tidak baik untuk dijadikan sebagai makanan karena tidak memiliki nutrisi yang ideal. Banyak nutrisi yang hilang dalam pembuatan roti seperti asam folat, kromium, vitamin B6, vitamin E, dan seng.

Banyak diantara kita lebih memilih roti dari segi kepraktisannya dan dapat mengganjal lapar. Namun jika ditinjau dari segi gizi kurang layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu mari kita perhatikan benar-benar asupan yang kita makan. Jangan sampai kita terkena diabetes hanya karena pola makan yang salah. oh ya, jangan lupa rutin berolahraga tentu akan lebih menyehatkan daripada tidak sama sekali.