September 30, 2015

Makanan Yang Harus Anda Kenali Karena Bisa Meningkatkan Gula Darah



Glukosa merupakan senyawa hasil olahan tubuh yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Tujuannya adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Senyawa ini dapat ditemukan pada makanan yang ataupun minuman mengandung karbohidrat. Namun jika kandungan glukosa terlalu tinggi di dalam tubuh dapat berakibat gangguan kesehatan yaitu diabetes.


Jika kandungan gula dalam darah yang terlalu tinggi maka seseorang dapat terkena hipoglikemia. Apabila hal tersebut tidak mendapatkan penanganan serius maka akan berakibat rusaknya pembuluh darah dan meningkatkan serangan jantung, gangguan penglihatan, kerusakan saraf, dan stroke.

Anda bisa mulai untuk membatasi asupan karbohidrat di dalam tubuh sebagai upayapencegahan. Salah satunya adalah dengan mengenali makanan yang akan kita makan. Jangan sampai terlalu berlebih akan satu kandungan seperti karbohidrat. Yuk, kita kenali makanan apa saja.

Buah yang Terlalu Matang
Buah merupakan makanan sehat bagi kita. Tapi bagi penderita diabetes ada kriteria tertentu dalam memilih buah.  Atau jika anda ingin melakukan pencegahan setidaknya bisa memilih buah yang hendak disantap. Perlu anda ketahui buah yang terlalu matang tidaklah baik bagi pendertita diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Kemudian buah yang dikeringkan. Kenapa dengan buah yang dikeringkan? Kondisi Buah yang dikeringkan menjadikan gula alami di dalamnya lebih pekat dan dapat menaikkan kadar gula darah. Lebih baik makan buah segar, ataupun anda dapat menyimpannya di kulkas guna menjaga kesegaran buah tersebut.

Padi-padian
Nasi putih, pasta, dan roti sudah menjadi makanan sehari-hari kita. Padahal ketiga makanan tersebut mengandung karbohidrat yang tinggi dan tidak baik apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Boleh dikonsumsi, namun tentunya dengan pengawasan yang tepat. Sebaiknya pilihlah beras merah, quiona, pasta, atau roti gandum yang didalamnya mengandung serat. Karena serat dapat memperlambat laju gula darah.

Minuman
Untuk minuman juga harus diperhatikan agar anda tidak terjangkit diabetes. Untuk anda yang sudah terkena tentu harus lebih berhati-hati agar kandungan gula darah tidak naik dengan cepat. Hindari minum softdrink karena didalamnya terdapat kandungan gula yang sangat tinggi. Jus buah yang menggunakan gula juga sebaiknya dihindari. Lebih baik membuat jus buah sendiri di rumah tanpa tambahan gula karena bagaimanapun juga buah tersebut sudah memberikan rasa manisnya.

Makanan penutup
Camilan yang mengandung gula tambahan ataupun tepung sebaiknya dihindari. Kombinasi akan kedua hal tersebut dapat meningkatkan gula darah. Benar-benar perhatikan camilan yang hendak dikonsumsi. Perhatikan kandungannya yang bisa and abaca di setiap kemasan makanan yang anda hendak beli.

Yang penting dari itu semua adalah merutinkan olahraga. Usahakan sisihkan waktu 30-60 menit sehari untuk berolahraga. Tidak pelru pergi ke tempat gym ataupun fitnes, anda dapat melakukannya dirumah dengan gerakan-gerakan sederhana. Intinya membakar kalori yang ada didalam tubuh agar tidak ada tumpukan senyawa yang bisa membahayakan tubuh seperti glukosa.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga.