September 17, 2015

Apakah Perbedaan Diabetes Tipe 1 dengan Diabetes Tipe 2?



perbedaan jenis diabetes
Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa penyakit diabetes atau yang lebih dikenal dengan sebutan kencing manis 1 jenis saja. Padahal menurut ilmu kesehatan, penyakit ini dibagi menjadi 3 jenis.  Diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada orang yang usianya lebih muda. sedangkan diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada oarng usia lanjut.


Orang awam pada umumnya memahami bahwa penyakit diabetes melitus hanya ada 1 jenis saja. Padahal penyakit ini dapat dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Lalu apa perbedaan diabetes tipe 1 dengan diabetes tipe 2?

Pada kondisi penderita diabetes tipe 1, penderita akan selalu memerlukan suntikan insulin ke dalam tubuhnya. Menurut penelitian 1 dari 10 orang penderita diabetes mengalami diabetes tipe 1 ini, sisanya adalah mereka yang mengidap diabetes tipe 2. Dan diabetes tipe ini akan mengalami ketergantungan terhadap insulin hingga organ pankreasnya benar-benar dapat menghasilkan hormon insulin secara normal

Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang lanjut usia dan mereka hanya mengalami gejala ringan. Diabetes tipe ini sering disebabkan oleh obesitas. Namun pada kenyataannya diabetes tipe ini tidak hanya menyerang orang yang lanjut usia saja. Mereka yang memiliki usia produktif juga banyak yang terjangkit karena pola hidup yang tidak sehat.

Untuk perawatan diabetes tipe 2 dapat dilakukan dengan cara pemberian obat dan mengubah pola hidup. Dan setelah beberapa bukan diberikan suntikan insulin. Jadi sekarang anda menjadi tahu kan perbedaan diabetes tipe 1 dengan diabetes tipe 2. Semoga bermanfaat